76 Anggota Pramuka Kolut Ikut Jamnas – Berita Kota Kendari
Pendidikan

76 Anggota Pramuka Kolut Ikut Jamnas

Peserta Jamnas Kolut saat menerimah arahan.

Peserta Jamnas Kolut saat menerimah arahan

LASUSUA, BKK – Perhelatan akbar Jambore Nasional (Jamnas) X sebagai ajang pertemuan pramuka penggalang se-Indonesia dalam bentuk perkemahan nasional yang akan dihelat pada 14-21 Agustus tahun 2016 di Cibubur Jakarta. Sebanyak 76 orang pramuka Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) mengikuti kegiatan yang dilaksanakan setiap 5 tahun ini.

Pelepasan kontingen pramuka dilakukan Asisten II Pemda Kolut, Ir Djunus yang mewakili Bupati, Kamis (11/8) di gedung olah raga (GOR) Kolut.

Dalam sambutanya, Bupati Kolaka Utara, Rusda Mahmud yang dibacakan asisten II, mengungkapkan selaku bupati, apresiasi positif pada seluruh jajaran kwatir cabang gerakan pramuka Kolut dalam mensukseskan persiapan keikutsertaan Jamnas, sampai Kamis diberangkatkan.

“Gerakan pramuka merupakan organisasi yang menyelenggarakan pendidikan kepramukaan dan merupakan organisasi pendidikan non formal yang melengkapi pendidikan formal di satuan pendidikan atau sekolah dan pendidikan di lingkungan keluarga,” ungkapnya.

Menurut dia, pendidikan karakter bagi peserta didik melalui kepramukaan, baik secara nasional maupun internasioanal bukan lagi sekadar wacana melainkan realitas yang perlu mendapatkan perhatian khusus.

“Kemerosotan akhlak dan moral generasi muda pada ambang kritis akibat pengaruh budaya barat, pergaulan bebas, pengunaan narkoba sudah sangat nyata dan salah satu upaya pencegahan, yakni sejak dini ditanamkan akhlak dan moral sejak dini melalui pendidikan karakter dari organisasi pramuka,” kata Rusda.

Ketua Kontingen Jamnas Kolut, Muhlis Usman mengatakan, Jambore merupakan kegiatan rekreasi edukatif di alam terbuka dalam bentuk perkemahan besar pramuka penggalang sebagai sarana pembinaan Pramuka Penggalang yang menitik beratkan pada pengembangan diri peserta yang terdiri atas bidang mental, fisik, intelektual, spiritual dan sosial baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat.

“Yang akan berangkat yakni terdiri dari 44 peserta, 14 orang pimpinan dan pendukung, 10 orang official crew serta 8 orang pembina dan pesdik, sehingga total yang berangkat 76 orang” kata Muklis.

Muhlis menambahkan dari 44 peserta akan dibagi menjadi empat regu yang masing-masing regu akan dipimpin satu peserta dengan satu wakil pimpinan regu (Wapinru).

“Dalam kontingen ini, kita juga melibatkan dari unsur keamanan yakni polisi satu orang, Dokter 1orang dan tenaga kesehatan umum 1 orang,” ujarnya.

Muklis mengharapkan semua peserta yang akan berangkat dari tingkat Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega tidak menemukan kendala apaun dalam kegiatan Jamnas dan dapat kembali dalam kedaan sehat di Kolaka Utara. (k2/d)

 

To Top