Persiapan Keberangkatan Jamaah Calon Haji Sultra Capai 98 Persen – Berita Kota Kendari
Beranda

Persiapan Keberangkatan Jamaah Calon Haji Sultra Capai 98 Persen

Hj Wa Masi

Hj Wa Masi

KENDARI, BKK- Keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Sulawesi Tenggara (Sultra) kini tinggal menghitung hari. Mulai tanggal 28 Agustus JCH yang tergabung dalam kelompok terbang (Kloter) 19 sudah muali diberangkatkan menuju Asrama Haji Sudiang Embarkasi Makassar.

Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Sultra Wa Masi yang ditemui, Rabu (10/8), mengungkapkan bahwa untuk persiapan pemberangkatan JCH tersebut telah mencapai 98 persen.

“JCH sebanyak 3 kloter untuk wilayah Sultra, saat ini tidak mengalami masalah. Mulai dari adimistrasi sampai dengan pengurusan paspor dan visa, ” ungkap Wa Masi.

Dijelaskannya untuk kloter 19 akan berangkat ke Mekkah 29 Agustus, kemudian kloter 20 berangkat dari Kendari menuju Makassar 29 Agustus dan 30 Agustus akan langsung berangkat ke Mekkah. Selanjutnya kloter 21 akan berangkat tanggal 30 Agustus dari Kendari dan 1 September menyusul berangkat ke Mekkah.

Kloter 19 tersebut terdiri dari CJH Kota Kendari, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Buton Utara dengan total 455 orang sudah termasuk dengan pendamping. Kemudian kloter 20 terdiri dari Buton , Bau-Bau dan Muna dengan jumlah 455 orang.

“Yang terakhir kloter 21 itu gabungan dari Konsel, Kolaka, Bombana dan Wakatobi dengan jumlah CJH 452 orang. Jumlah keseluruhan JCH ini berjumlah 1331 orang yang sebelumnya 1335, karena 4 dianggap batal dengan berbagai motif, ada yang sakit, meninggal dan mengundurkan diri,” jelasnya.

Saat berada di Arab Saudi lanjutnya, kloter 19 akan menginap di daerah Jarwah dengan jarak 1.800 meter dengan Masjidil Haram, untuk kloter 20 akan meginap di daerah yang sama tetapi jaraknya lebih dekat yakni 800 Meter dengan Masjidil Haram. Sedangkan kloter 21 akan menginap di Syisah dengan jarak yang lebih dekat dengan Masjidil Haram yakni hanya 400 Meter.

Ditambahkannya, JCH asal Sultra tersebut telah mengikuti pembekalan dan manasik haji di daerahnya masing-masing, sehingga mereka dianggap telah mehami apa yang mesti dijalankan saat berada di tanah suci Mekkah nanti.

“Untuk kesehatan JCH ini selama di Arab Saudi mereka dianjurkan untuk banyak meminum air dan makan banyak buah, sebab kondisi di timur tengah saat ini musim panas, “pungkasnya. (p7/b/nur)

 

To Top