Headline

Pedagang Pasar Basah Klaim Punya 30.000 KTP

KENDARI, BKK- Masa pendaftaran Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari melalui jalur perseorangan akan ditutup, Rabu (10/8) sore ini. Di masa injury time, ada pasangan yang berminat mendaftar.
Pasangan yang berminat mendaftar di jalur independe adalah Herry Iskandar dan Zainuddin. Keduanya berlatar belakang pedagang di Pasar Basah Mandonga.
Kepada Berita Kota Kendari, Herry mengaku sudah siap mendaftar. Dia bahkan mengklaim telah berhasil mengumpulkan 30.000 lembar kopian Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau telah melebihi syarat dukungan untuk calon perseorangan yang ditetapkan KPU Kendari sebanyak 24.360 lembar.
“Kita sudah penuhi syarat utama untuk bisa maju sebagai balon melalui jalur independen. 30.000 KTP yang kami kumpul dari sepuluh kecamatan. Itu juga sudah melebihi minimal syarat perwakilan kecamatan dari lima kecamatan,” kata Herry yang dihubungi via ponselnya, Selasa (9/8).
Dari sepuluh kecamatan tersebut, lanjut Hery, Kecamatan Puuwatu merupakan basis terbesarnya, sebab di sana dukungan KTP yang didapatkannya mencapai 20.000. Sedangkan sisanya tersebar di kecamatan lain yang juga mencapai total hingga 10.000 lebih.
“Di Kecamatan Puuwatu merupakan basis kami yang terdiri dari sejumlah pedagang. Mereka yang dorong kami untuk maju supaya mereka juga bisa terwakili. Selama ini pedagang merasa tertindas,” katanya.
Herry menyatakan motivasinya maju juga untuk memberikan pembelajaran bagi yang lain bahwa siapapun memiliki hak untuk dipilih. Di saat yang sama, dia juga ingin memperlihatkan kepada para pendukungnya bahwa dia serius dan akan memperjuangkan aspirasi para pedagang yang selama ini terabaikan.
“Saya mungkin bukan figur terkenal, tetapi saya juga memiliki hak untuk maju mencalonkan diri dengan sarat yang telah saya penuhi. Soal menang kalah itu urusan belakang, yang penting kita tarung dulu,” pungkasnya.
Pada Senin (8/8) sebelumnya, Herry telah mengunjungi Kantor KPU Kota untuk mendaftarkan diri. Namun karena masih kekurangan berkas berupa file data pendukung dalam bentuk program excel, maka dia pun harus pulang untuk menyiapkannya.
“Insya Allah besok (hari ini) kami akan datang mendaftar,” tandasnya.
Sementara Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu mengatakan, hingga Selasa kemarin, belum ada warga yang mendaftarkan diri melalui jalur perseorangan. Dia pun mengingatkan bahwa Rabu (9/8) adalah batas terakhir pendaftaran.
“Hanya sampai jam empat sore,” katanya. (m2/b/aha)

To Top