===== LSM Soroti Kinerja PLN Kolaka – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

===== LSM Soroti Kinerja PLN Kolaka

Ketua LSM Yapplik Nasruddin Foker dan Ketua LSM Lider Sultra Herman Syahruddin, menyoroti kinerja PLN Kolaka. (Foto: Armin/BKK)

Ketua LSM Yapplik Nasruddin Foker dan Ketua LSM Lider Sultra Herman Syahruddin, menyoroti kinerja PLN Kolaka. (Foto: Armin/BKK)

KOLAKA, BKK- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Kolaka menyoroti kinerja Perusahan Listrik Negara (PLN) Kolaka‎. “Beberapa masyarakat mengeluh karena sudah membayar biaya penyambungan hingga berbulan-bulan,tapi belum juga listriknya menyala,” kata ketua LSM Yayasan Pengembangan Pelayan Publik (Yapplik) Nasruddin Foker, selasa (9/8).

Selain itu, kebijakan yang diberlakukan PLN dengan mewajibkan konsumen yang akan memasang Kwh baru datang ke kantor PLN, dinilai menyulitkan, terutama bagi mereka yang ada di pelosok desa. Seharusnya itu tidak perlu dilakukan, tapi dilakukan pelayanan prima dengan mendatangi mereka.

Di tempat sama, ketua Lingkar Demokrasi Rakyat (Lider) Sultra Herman Syahruddin membenarkan hal itu. Berdasarkan data yang mereka himpun, dengan sistem on line seharusnya paling lambat satu minggu konsumen sudah harus dilayani. Tapi fakta di lapangan, tidak sedikit dari mereka yang telah membayar berbulan-bulan tapi tidak dilayani. Anehnya ada ‎yang baru membayar sudah dipasangkan.

“Bahkan pemasangan dilakukan di daerah yang memiliki seri yang banyak atau droup. Salah satunya di lorong Bokeo, Kelurahan Sabilambo,” ungkapnya.

Herman menduga semua kejadian ini karena adanya oknum PLN Kolaka yang bermain, dalam hal ini dituding kepala distribusi PLN Kolaka inisial “A”, apalagi dalam proses penyambungan tidak ada Surat Jaminan Instalasi (SJI) yang dikeluarkan asosiasi listrik, juga Sertifikat Laik Operasi (SLO) sesuai Undang-Undang nomor 30 2009 tentang kelistrikan.

“Aturannya konsumen membayar biaya penyambungan, kemudian konsumen berkewajiban melengkapi administrasi SJI, serta SLO dikeluarkan konsuil yang telah ditunjuk. Tapi faktanya ini tidak dipenuhi. Karena itu, kami mendesak pimpinan PLN Pusat untuk mengevaluasi kinerja kepala distribusi PLN Kolaka,” tegas Herman. Hingga berita ini dimuat, kepala distribusi PLN Kolaka belum bisa dihubungi. (cr3/d)

 

Click to comment
To Top