Ketatkan Aturan Truk Tambang Galin C, Dewan Kendari Rencana Buat Perda – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Ketatkan Aturan Truk Tambang Galin C, Dewan Kendari Rencana Buat Perda

Truk tanpa penutup terpal saat melintas di bundaraan tank Anduonohu (Rull/BKK)

Truk tanpa penutup terpal saat melintas di bundaraan tank Anduonohu (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Aturan tegas terkait truk galian C agar menutup baknya ketika mengangkut material berupa tanah, batu, kerikil dan pasir, di Kota Kendari hingga saat ini belum ada. Hal ini membuat Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari, berencana akan membuatkan Peraturan Daerah (Perda).

“Kita akan buatkan perda untuk menegaskan kepada setiap supir truk tambang galian C bahwa ketika mengangkut material, tidak lagi seenaknya mau menutup atau tidak bak mobilnya,” ujar wakil Ketua Komisi III La Ode Azhar Ditemui di ruang kerjanya, Selasa (9/8).

Pengusulan perda tersebut, kata Azhar, merupakan tindak lanjut atas surat edaran Wali Kota Kendari. Supir truk diminta menutup baknya ketika mengangkut material, agar muatannya tidak tumpah dan mengotori jalan raya.

“Banyak kerugian yang bisa ditimbulkan akibat tumpahan muatan truk, di antaranya kecelakaan dan kotornya jalan raya. Berdasarkan hal tersebut, yang mebuat kami berpikir bahwa perda truk tambang galian C harus ada,” jelas politisi Golkar ini.

Mantan aktifis ini juga mengharapkan, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Kendari bisa memaksimalkan pengawasannya. Aktifitas truk yang tidak menutup bak bisa diminimalisir, sebelum terbentuknya perda yang direncanakan komisi III ini.

“Untuk sementara peran Dishub sebagai salah satu instansi Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari yang juga memiliki wewenang terhadap persoalan ini, bisa meningkatkan pengawasannya, sambil menunggu kami membuat perda ini,” pungkasnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Pengawasan Angkutan Darat Dishub Kota Kendari Agus Sutarto menuturkan, ia siap memerintahkan pihaknya untuk bekerja lebih ekstra dalam mengawasi aktifitas truk tambang galian C.

“Saya akan perintahkan setiap anggota untuk siaga di pos masing-masing. Ketika mendapatkan truk tambang galian C yang tidak menutup baknya maka harus diberikan sanksi sehingga bisa memberikan efek jerah,” tutupnya.(m2/b/nur)

1 Comment
To Top