Lingkar Sultra

Jalan Lingkar Longsor, Dua Kecamatan Terancam Terisolasi

KENDARI, BKK – Jalan lingkar Wawonii yang menghubungkan Wawonii Timur, Wawonii Tenggara dan Ibukota Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep) mengalami longsor tepatnya di kaki gunung Solongko Kel Polara Kec Wawonii Tenggara.

Anggota DPRD Konkep, Muh Farid SE, yang meninjau jalan ini pekan lalu menjelaskan jalan mengalami longsor panjangnya sekitar 10 meter dan luasnya longsornya sudah hampir setengah badan jalan.

“Kalau tidak segera ditangani, kasian masyarakat khususnya dari Kecamatan Wawonii Timur dan Tenggara, sulit untuk masuk ke ibukota. Apalagi di musim timur, angin kencang sehingga tidak bisa menggunakan alat transportasi laut,” kata Farid yang juga Ketua DPD Partai Golkar kepada jurnalis Berita Kota Kendari (BKK) di Kendari, Senin (8/8).

Menurutnya, jalan lingkar ini biasanya dijadikan akses utama warga di Kecamatan Wawonii Timur dan Tenggara ke Ibukota Konkep, khususnya pada musim timur. Karena pada musim timur warga tidak bisa menggunakan alat transportasi laut, sehingga harus menggunakan alat transportasi darat yang melewati jalan ini.

Dengan kondisi ini Farid mendesak Dinas Pekerjaan Umum (PU) Konkep agar segera melakukan perbaikan jalan ini sebelum longsornya parah sehingga jalan terputus.

“Kami meminta Kadis PU agar segera memerintahkan aparatnya melakukan perbaikan, apalagi pembangunan jalan ini masih dalam tahapan pemeliharaan. Karena kalau sudah terputus akan lebih berat pekerjaannya,” katanya.

Menurut Farid, pembangunan jalan ini dikerjakan secara swakelola oleh Dinas PU Konkep dalam tahun anggaran 2015 lalu.(lex)

To Top