Kasuistika

Empat WNA China Dituntut Satu Tahun Penjara

KENDARI, BKK – Kejaksaan Tinggi Kendari menuntut empat Warga Negara Asing asal China dengan hukuman kurangan satu tahun karena pelanggaran keimigrasian.
Keempat WNA tersebut masing-masing Guefeng Ning, Gang Li, Yudong Hu, Jingjung Cui dihadirkan dalam persidangan di PN Kendari, Senin (8/8). Sidang dipimpin Hanoeng Widjajanto dan anggota Andri Wahyudi.
Dalam tuntutannya, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Rahmat SH menjerat keempat terdakwa dengan Pasal 122 huruf (a) UU Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian. Namun bagaimana bentuk hukuman yang diputuskan hakim nantinya, akan diserahkan kepada pihak imigrasi.
“Kami hanya sebatas menyidangkan saja, dan masalah untuk hukuman kepada WNA tersebut, itu hak dari pihak Imigrasi Kendari. Apakah akan langsung melakukan deportasi atau memenjarakan terlebih dahulu,” kata Rahmat.
Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Penindakan Keimigrasian, Rusfian Efendi yang dihubungi terpisah mengatakan, pihaknya tetap akan terlebih dahulu memenjarakan keempat WNA tersebut. “Tetap kami penjarakan terlebih dahulu tetapi harus menunggu putusan hakim. Kalau memang hakim sudah ketuk palu (vonis) maka tetap akan dipenjarakan,” ungkapnya.
Saat dikonfirmasi apakah keempat WNA setelah menjalani hukuman penjara sesuai dengan vonis majelis hakim dan langsung dideportasi, Rusfian membenarkannya. “Ya, tetap kami akan deporatsi ke negara asalnya. Intinya tunggu saja saat hakim menjatuhkan hukuman kepada keempat WNA tersebut,” pungkasnya. (p5/b/aha)

To Top