Dukungan Golkar ke BAP di Pilkada Kolut Belum Final, Anton Masih Berpeluang – Berita Kota Kendari
Suksesi

Dukungan Golkar ke BAP di Pilkada Kolut Belum Final, Anton Masih Berpeluang

Ilustrasi

Ilustrasi

LASUSUA,BKK – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) I Partai Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) Ridwan Bae mengungkapkan, untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kolaka Utara (Kolut), partainya akan mengusung Bobby Alimuddin Page (BAP). Namun hal itu bisa berubah bila BAP tidak berhasil menjalankan tugas yang diberikan pihak partai berlambang pohon beringin itu.

Sebagaimana yang diungkapkan Kanna selaku Ketua DPD II Golkar Kolut, Senin (8/8), untuk mengantongi dukungan Golkar, BAP ditugaskan untuk mendapatkan rekomendasi dari partai politik (Parpol) lain. Bila itu tidak berhasil dilakukan maka Golkar akan beralih ke balon yang lain.

“Tadi (kemarin, red), hasil komunikasi saya dengan Koordinator Wilayah (Korwil)) Partai Golkar Sultra Pak Abdillah, sampai saat ini Golkar belum mengeluarkan rekomendasi, tetapi DPP sudah menetapkan siapa figur balon yang akan di usung pada Pilkada Kolut mendatang,” ujar Kanna.

Penugasan Golkar untuk BAP tersebut berlangsung selama 2 minggu ke depan. Dalam jangka waktu tersebut Wakil Bupati Kolut itu harus melaporkan ke partai mana saja ia berhasil membangun koalisi, dengan dibuktikan surat rekomendasi.

Dengan demikian, Balon Bupati Kolut lainnya yakni Anton yang juga mendaftar ke Golkar masih memilki peluang untuk mendapat dukungan. Tentu bila BAP tidak mampu membangun koalisi.

“Kalau misalkan Pak Bobby tidak mampu melengkapi itu (koalisi) dalam waktu yang sudah ditentukan, lalu Anton berhasil mendapatkan rekomendasi dari partai lain, maka posisi itu kembali kepada Pak Anton. Jadi baik Anton maupun Bobby tetap masih sama-sama berpeluang, Pak Anton juga diberi kesempatan yang sama,” terangnya.

Dijelaskannya, sebelum balon yang bakal diusung berhasil membangun koalisi dengan partai lain, Partai Golkar memang tidak akan mengeluarkan rekomendasi. Pasalnya, menjadi kekhawatirkan bila sudah terlanjur mengeluarkan rekomendasi, namun balon yang bersangkutan tidak berhasil membangun koalisi.

“Jadi partai tidak mengkin mengeluarkan rekomendasi kalau belum ada kejelasan soal partai koalisi itu,” tegasnya

Untuk mengusung Pasangan Calon (Paslon) Bupati dan wakil Bupati di Pilkada Kolut mendatang, Golkar masih membutuhkan tambahan tiga kursi. Menurut Kanana, PAN dan Gerindra paling berpeluang untuk berkoalisi dengan partainya tersebut. (k2/b/nur)

Click to comment
To Top