32 Sekolah Ikut Lomba Cerdas Cermat KPU Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

32 Sekolah Ikut Lomba Cerdas Cermat KPU Kendari

KENDARI, BKK- Sebanyak 32 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) yang ada di Kota Kendari, ikut terlibat dalam lomba cerdas cermat bagi pemilih pintar yang diadakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Kegiatan itu sebagai bentuk sosialisasi kepada pelajar yang akan menjadi pemilih pemula tersebut.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, proses pertandingan dalam lomba tersebut meliputi babak pengisian yang telah dimulai, Sabtu (6/8), dan akan berakhir Rabu (10/8). Kemudian peserta yang lolos akan mengikuti babak seperempat final mulai, Kamis (11/8) hingga Jumat (12/8). Selanjutnya masuk ke babak semifinal, Sabtu (13/8), dan finalnya, Minggu (14/8).

“Kami sengaja mengambil peserta siswa dan siswi SMAN dalam kegiatan lomba ini, karena mereka adalah pemili pemula yang akan ikut menentukan nasib daerah sesuai pilihannya,” ujar Hayani Imbu yang dikonfirmasi melalui telepon celullarnya, Senin (8/8).

Ia melanjutkan, jumlah peserta dalam satu kelompok bisa mencapai delapan orang, yang terdiri dari tiga peserta ditambah satu guru pendamping dan empat sporter.

“Tiap sekolah itu diwakili delapan orang, yang sistem lombanya menggunakan sistim gugur. Jadi kelompok yang memiliki poin tertinggi akan bertahan untuk terus melaju hingga final,” jelasnya.

Ia juga manambahkan, dalam lomba tersebut materi yang diberikan meliputi masalah demokrasi, pemerintahan, lembaga negara, undang-undang kepemiluan dan undang-undang penyelenggara pemilu.

“Materi yang kami lombakan sesuai dengan temanya yaitu pemilih demokrasi, dimana sistem lombanya dengan melemparkan pertanyan kepada peserta. Bagi kelompok yang bisa menjawab akan mendapatkan poin dan nantinya menjadi bahan pertimbangan untuk diloloskan ke babak selanjutnya,” pungkasnya.(m2/b/nur)

 

To Top