Ekonomi Sultra Tumbuh 6,82 Persen – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Ekonomi Sultra Tumbuh 6,82 Persen

KENDARI, BKK-  Badan Pusat Statistik Sulawesi Tenggara merilis keadaan terbaru perekonomian Sulawesi Tenggara. Hingga triwulan kedua ini, perekonomian Sultra mengalami pertumbuhan hingga 6,28 persen.
Kepala BPS Sultra, Atqo Mardianto menjelaskan, pertumbuhan ekonomi terdorong oleh kenaikan konsumsi saat Ramadhan dan lebaran lalu. Warga ramai-ramai berbelanja karena mendapatkan bonus berupa gaji tambahan dan tunjangan hari raya.
“Ada beberapa faktor penyebab meningkatnya ekonomi Sultra, namun penerimaan gaji ke-13 serta THR itu pendorong utamanya,” kata Atqo Mardianto saat merilis hasil kajian BPS Sultra itu, Jumat (5/8).
Selain pendapatan yang bertambah, tingginya belanja masyarakat saat Ramadhan juga ditunjang oleh inflasi yang relatif stabil. Secara statistik, disimpulkan bahwa indeks konsumen menjadi 104, 65 poin, indeks pendapatan rumah tangga 102, 21 poin dan jasa rumah tangga 105, 66 poin.
“Nilai indeks normal adalah 100 poin. Tetapi yang kita dapatkan rata-rata di atas 100. Hal ini membuktikan bahwa ekonomi Sultra mengalami peningkatan,” tegasnya.
Atqo yakin pertumbuhan ekonomi akan tetap memperlihatkan tren positif pada triwulan ketiga. Alasannya, ada liburan serta Idul Adha.
“Indeks pendapatan ekonomi rumah tangga pada triwulan selanjutnya mungkin bisa sampai 115,78 poin,” katanya. (p7/c/aha)

Click to comment
To Top