Siswa Jatim Takjub dengan Penyambutan SMAN 1 Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

Siswa Jatim Takjub dengan Penyambutan SMAN 1 Kendari

RAJAP/BERITA KOTA KENDARI TUKAR CINDERAMATA. Kepala SMAN 1 Kendari, Muhammad Ali memberikan plakat khas SMAN 1 Kendari kepada perwakilan rombongan siswa se-Jatim, yang datang berkunjung ke SMAN 1 Kendari, Kamis (4/8).

RAJAP/BERITA KOTA KENDARI
TUKAR CINDERAMATA. Kepala SMAN 1 Kendari, Muhammad Ali memberikan plakat khas SMAN 1 Kendari kepada perwakilan rombongan siswa se-Jatim, yang datang berkunjung ke SMAN 1 Kendari, Kamis (4/8).

KENDARI, BKK- Puluhan siswa dari Jawa Timur mengaku takjub dengan kebudayaan serta seni tradisional yang dimiliki Sulawesi Tenggara. Lebih khusus lagi pada kemampuan para siswa SMAN 1 Kendari dalam memperagakan kebudayaan dan tradisi khas mereka.
Kamis (4/8) kemarin, sekitar 30 siswa se Jatim yang didampingi sejumlah gurunya, memang berkunjung ke SMAN 1 Kendari dalam rangka kunjungan kebudayaan. Saat tiba, mereka langsung disambut dengan Tari Monotambe.
Setelah itu, mereka disuguhkan lagi dengan aksi tarian gembira, Lulo yang merupakan tarian khas suku Tolaki. Acara penyambutan kemudian ditutup dengan lagu nasional ‘Halo-halo Bandung’ yang juga dibawakan oleh paduan suara SMAN 1 Kendari.
Salah satu siswa  dari Jawa Timur, Fahri Herbianyah, mengatakan acara penyambutan SMAN 1 Kendari sangat luar biasa. Dia pun senang karena pengetahuannya tentang kebudayaan nusantara semakin banyak.
“Semua yang dibawakan teman-teman di sini sangat luar biasa. Tari-tarian dan paduan suaranya bikin kita terpana,” kata Fahri yang merupakan perwakilan dari SMAN 1 Pacitan yang juga sekolah asal dari mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.
Binarti Nurdiyati, selaku Perwakilah Propinsi Jawa Timur mengatakan, perkenalan budaya ini sangat bermanfaat bagi para siswa. “Kunjungan ini dimaksudkan agar anak-anak bisa lebih memahami betapa beragamnya kebudayaan dan tradisi yang dimiliki bangsa ini,” kata Binarti.
Selain kunjungan kebudayaan, mereka juga akan berdiskusi mengenai banyak hal. Dari situ, para siswa dari Jatim maupun Kendari bisa saling melengkapi pengetahuannya.
“Para siswa yang kami bawa perwakilan dari beberapa daerah di Jatim. Jadi mereka bisa belajar sesuatu yang baru,” ujarnya.
Sementara Kepala SMAN 1 Kendari, Drs H Muhammad Ali juga mengapresiasi anak-anak didiknya dalam menampilkan kegiatan penyambutan. Mereka dianggap sukses memukau tamu-tamunya.
Ali juga menjelaskan, Tari Monotambe yang dipentaskan tersebut merupakan tarian penyambutan untuk tamu agung. “Tari Monotambe ini digunakan oleh raja-raja dalam menyambut tamunya. Kemudian kita tumbuhkan budaya itu sehingga kita bisa perkenalkan bahwa di Sulawesi Tengara ada Tari Monotambe,” katanya. (p8/b/aha)

To Top