Ini Bukan Jawa tapi Luar Biasa – Berita Kota Kendari
Beranda

Ini Bukan Jawa tapi Luar Biasa

RAJAP/BKK Safira Salsabila

RAJAP/BKK
Safira Salsabila

Pementasan tari tradisional oleh siswa-siswi SMAN 1 Kendari untuk menyambut kedatangan 30 siswa dari Jawa Timur (Jatim) benar-benar memukai. Salah satu siswi dari Jatim, Safira Salsabillah pun mengakui kemampuan para siswa SMAN 1 Kendari.

“Sambutan ini di luar ekspekstasi. Saya sampai speechless karena saya berpikir bahwa nggak akan sebesar dan seheboh ini,” kata siswi dari SMAN 1 Gresik ini.
Selama ini, Safira memang hanya menemukan penampilan yang luar biasa oleh siswa-siswi di Jawa. Ternyata, apa yang disajikan para siswa di Kendari membuat pandangannya berubah total.
“Bukan saya merendahkan, tapi ini di Sulawesi Tenggara loh. Beda dengan Jawa. Jadi kita memiliki ekspektasi yang berbeda juga. Dengan Tarian Lulo dan Tarian Monotambe, lalu paduan suara yang nggak kalah dengan paduan suara di Jawa,” kata Safira di sela-sela kunjungannya.
Safira berharap agar SMAN 1 Kendari bisa mempertahankan dan meningkatkan prestasinya. Apalagi SMAN ini sudah dikenal sebagai SMA terbaik di Sulawesi Tenggara.
Selain itu, dia juga merasa takjub dengan keramahan masarakat Kendari. Meski pun memang, dia harus menyesuaikan dengan perbedaan aksen atau logat antara Jawa dan Sulawesi.
“Tradisi orang sini dalam memperlakukan orang luar saya jempol deh. Sangat ramah. Cuma memang logat kita sangat berbeda,” tanggapnya.
Selama di Kendari, Safiran dan kawan-kawannya juga mengunjungi beberapa tempat. Salah satu hal yang meninggalkan kesan baginya adalah kuliner khas Sulawesi Tenggara.
“Saya masih belajar kuliner (nusantara). Yang kemarin itu ada makanan warna coklat, seperti Naga Sari kalau di Jawa. Yang dibungkus dari kulit pisang,” katanya. (p8/c/aha)

To Top