Sekolah yang Melakukan Perploncoan Siap Terima Sanksi – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Sekolah yang Melakukan Perploncoan Siap Terima Sanksi

Makmur SPd MPd (RAHMAT R. /BKK)

Makmur SPd MPd (RAHMAT R. /BKK)

KENDARI, BKK- Temuan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan terkait adanya sekolah yang melakukan perploncoan akan segera diproses dengan sanksi sesuai regulasi yang ditetapkan.

Dikbud Kendari menemukan adanya salah satu sekolah yang melakukan perploncoan dan akan berakibat fatal pada sekolah yang terlibat sekaligus sanksi Kepada sekolah yang melakukan aksi yang tidak manusiawi tersebut pada bulan Agustus.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Mamur SPd MPd mengukapkan bahwa ada banyak sekolah terindikasi melakukan pelanggaran selama Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) berlangsung.

“Selama PLS berlangsung ada banyak sekolah yang melakukan pelanggara, tetapi yang melakukan pelanggaran yang parah ada satu sekolah yakni melakukan tindakakan yang tidak senonoh yaitu perploncoan,” ungkapnya tanpa mau membocorkan mana sekolah yang melakukan pelanggran.

Lanjut Makmur bahwa hal ini tidak bisa dibiarkan, sebab pada saat para siswa baru turun dari mobil, seniornya langsung menyuruh mereka jalan jongkok. sehingga hal ini akan kami berikan sanksi teguran tertulis.

“Apabila hal ini terjadi akibat Kepala Sekolah lalai maka kita akan berikan sanksi berupa pemberhentian sementara atau tetap dari jabatannya, atau bisa jadi sanskinya berupa sanki yang lebih ringan dari ini, atau teguran biasa terkait dengan perbuatan tersebut, ” tegas dia.

Makmur menambahkan bahwa terjadinya perploncoan ini diakbitkan oleh kelalaian Kepala Sekolah karena dalam kepanatian PLS tersebut terlalu banyak melibatkan siswa, tambahnya.

“Kontrol yang dilakukan oleh pihak Dikbud itu telah dilakukan dan memang ada laporan yang didapatkan, dan kami sd\edang menunggu hasil proses yang dilakuakn oleh teman-teman pengawas, ” tegas dia.

Sanski pemberhentain bantuan juga akan diberikan jika perploncoan terjadi akibat satuan pendidikan yang lalai maka diputuskan bantuan selama satu tahun, tetapi kami akan realisasikan sanksi-sanki tersebut pada bulan Agustus, tutupnya. (p7/c/jie)

To Top