KPU Kendari Gelar Cerdas Cermat Kepemiluan Tingkat SLTA – Berita Kota Kendari
Suksesi

KPU Kendari Gelar Cerdas Cermat Kepemiluan Tingkat SLTA

Hayani Imbu

Hayani Imbu

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (kpu) Kota Kendari, akan menyelenggarakan cerdas-cermat kepemiluan untuk pelajar SLTA dalam rangka memperkenalkan Pemilu kepada generasi muda.

“KPU Kota Kendari akan menggelar cerdas cermat kepemiluan tingkat SLTA, sebagai upaya mensosialisasikan masalah Pemilu khususnya Pilwali kepada para siswa,” kata Ketua KPU Kota Kendari, Hayani Imbu SSos, di kantornya, Rabu (3/8).

Undang mengatakan, KPU telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Kota Kendari dan telah melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah.

“Kami sudah melakukan technical meeting dengan sekolah calon peserta dan insha Allah akan mulai digelar pada 6 Agustus,” kata Hayani.

Setelah melalui proses pendaftaran, cerdas cermat akan diikuti 32 sekolah SMA/MA negeri dan swasta se Kota Kendari.

Ia mengatakan, KPU Kota Kendari menjadi pelopor pertama penyelenggaraan cerdas cermat kepemiluan dalam rangka menyosialisasikan tugas penyelenggaraan pemilu kepada masyarakat.

“Dan kegiatan cerdas cermat kepemiluan ini mendapat respon dari sekolah-sekolah ,” kata mantan aktivis Persma Unhalu ini.

Pertandingan cerdas cermat ini terdiri dari tiga babak yakni babak penyisihan, perempat final, semi final hingga final.

Dalam babak penyisihan seluruh peserta dibagi ke dalam 8 grup. Nantinya juara 1 dan 2 di masing-masing grup akan maju ke babak perempat final.

“Babak penyisihan berlangsung 6 – 11 Agustus, setiap hari akan bertading dua sekolah,” katanya.

Adapun materi soal dalam cerdas cermat tersebut terkait tentang penyelenggaraan pemilu, mulai dari undang-undang kepemiluan, baik dasar, umum hingga teknis penyelenggaraan pemilu seperti berapa jumlah anggota PPK, TPS, dan tata cara pencoblosan.

“Soal disusun oleh tim dari KPU, sebelum cerdas cermat dimulai, kami memberikan training terlebih dahulu kepada guru PPKN untuk menyampaikan materi pembelajaran mengenai kepemiluan kepada anak didiknya. Ini menjadi bekal wawasan bagi para murid,” katanya.

Hayani menambahkan, diharapkan melalui kegiatan cerdas cermat kepemiluan menumbuhkan kesadaran berdemokrasi dalam hal penyaluran hak berdemokrasi melalui pemilu di kalangan pemilih muda.

“Jika kesadaran akan pemilu sudah ditumbuhkan sejak dini, diharapkan kedepan para pemilih pemula menjadi cikal bakal pemilih yang mengetahui hak suaranya di masa yang akan datang,” katanya. (lex)

Click to comment
To Top