55 Pelajar di Butur Ikut Sosialisasi Bela Negara – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

55 Pelajar di Butur Ikut Sosialisasi Bela Negara

BURANGA, BKK – Sebanyak 55 siswa siswi dari 17 SMU dan SMK se Kabupaten Buton Utara (Butur), mengikuti pelatihan pendahuluan bela negara yang digelar Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Butur selama tiga hari mulai Selasa (2/8) hingga Kamis (4/8).

Kegiatan dalam upaya menanamkan kewaspadaan dini akan nilai-nilai berbangsa dan bernegara itu, ditempatkan di Hotel Mulia Butur dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Butur, Ramadio SE.

Ramadio dalam sambutannya mengatakan selaku pemerintah daerah sangat memberi apresiasi dan menyambut baik adanya pelatihan pendahuluan bela negara tingkat SMU/SMK se Butur ini.

“Semoga dapat memperoleh manfaat positif bagi terciptanya siswa siswi yang mampu cinta akan tanah air dan rela berkorban untuk menjaga keutuhan daerah dan bangsanya,” ungkapnya.

Bela Negara dan wawasan Kebangsaan menurut Ramadio tentu menjadi penting untuk ditanamkan kepada setiap warga Negara Indonesia, khususnya para pelajar. Untuk itu diapun berharap agar seluruh peserta bisa memahami secara mendalam seluruh materi materi guna menjaga keutuhan NKRI.

“Kegiatan seperti ini perlu disosialisasikan kepada segenap lapisan masyarakat secara terus menerus bukan hanya sekedar menjadi sebuah gerakan sesaat tetapi harus diupayakan secara berkesinambungan,” imbuhnya.

Pelatihan pendahuluan bela negara ini merupakan program tahunan dari Badan Kesbangpol Butur. Untuk pelatihan tersebut, kepada seluruh peserta akan diberikan pemahaman akan materi-materi bela negara. Diantaranya, wawasan kebangsaan, 4 konsesus dasar kehidupan bernegara, pelatihan baris berbaris, aktualisasi nilai-nilai pancasila, dan juga peran partai politik dalam kehidupan bernegara. (k5/c/jie)

Click to comment
To Top