Dosen Unpad Harap Ekonomi Kreatif Sultra Bangkit – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Dosen Unpad Harap Ekonomi Kreatif Sultra Bangkit

Dr Dwi Purnomo memberikan masukan kepada para pelaku ekonomi kreatif di Sultra. (RAHMAT/BKK)

Dr Dwi Purnomo memberikan masukan kepada para pelaku ekonomi kreatif di Sultra. (RAHMAT/BKK)

KENDARI, BKK- Dosen Fakultas Teknologi Industri Pertaniam (FTIP) Universitas Padjajaran (Unpad) Bandnung Dr Dwi Purnomo STP MT berharap, potensi ekonomi kretaif yang ada di Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa bangkit dan mampu bersaing di mata nasional.

Sehingga untuk mencapai hal itu, menurut dia, harus menjaga nilai-niali kreatifitas dan melakukan pertemuan rutin dengan para pelaku ekonomi kreatif Sultra. Dan, membagun jaringan dengan pelaku ekonomi di daerah lain.

“Untuk para pelaku ekonomi kretaif di Sultra sendiri sebenarnya ada potensi, karena melihat banyaknya pulau yang tersebar luas dibeberapa daerah, maka akan mengangkat satu ketergantungan dan ini harus ditindak lanjuti, Kendari bisa menjadi sentral dan ada rutinitas pertemuandari teman-teman se -Siltra,” papar Wakil Dekan Bidang Perencanaan Sistem Informasi, Tata Kelola, dan Sumber Daya FTIP Unpad Bandung ini dalam acara Pentsa Helix Stakeholder, di Grand Clarion Hotel, Senin (1/8).

Dwi Purnomo menyarankan, agar para pelaku ekonomi kretaif tidak berdiri sendiri-sendiri, tetapi harus menjaring satu sama lain dan menjadikan Kendari sebagai porosnya.

“Teman-teman di kepualaun bergerak dan Kendari bisa menjadi pendorong utama dan tinggal mencari nilai tambahnya, dan perlu ada presur melalui pertemuan bulanan atau tahunan yang terus berlanjut,” imbuhnya.

Sementara itu pendiri Kendari Kreatif Rendra Manaba mengukapkan, dalam pemaparan yang disampaiakn oleh Dwi Purnomo sangat bermanfaan untuk pengembangan ekonomi kreatif di Sultra mendatang.

“Materi yang diberikan itu sangat terpola, mulai dari susahnya untuk membangun kreatifitas dan sampai pada bagaimana melakukan kolaborasi,” katanya.

Di tempat yang saman, salah seorang kegiatan, Amir Malik mengatakan, paparan Dwi Purnomo akan sangat bermanfaat terutama dirinya yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPMI) Sultra.

“Masukan Pak Dr Dwi Purnomo akan mebangikitkan semabgat kita para pelaku ekonomi kreatif dan memahami bagaimana melakukan komunikasi dengan para pelaku ekonomi kretaif lainnya,” ujarnya. (p7/c/kas)

Click to comment
To Top