Lingkar Sultra

Polres Baubau Siap Amankan Pilkada di Dua Daerah

Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIk

Kapolres Baubau, AKBP Suryo Aji SIk

BAUBAU, BKK – Polres Baubau menegaskan siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di dua daerah yang masuk wilayah hukumnya, yakni Buton Selatan (Busel) dan Buton Tengah (Buteng), pada 2017 mendatang.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Baubau, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Suryo Aji SIk, ketika ditemui di kantornya, Senin (01/08) mengatakan, sebanyak 2/3 kekuatan Polres Baubau atau sekitar 400 personil akan diterjunkan ke dua daerah tersebut.

Di Buton Tengah, Polres Baubau mengamankan seluruh wilayah, sementara di Kabupaten Buton Selatan hanya dua kecamatan saja, yakni Kecamatan Batuatas dan Kecamatan Kadatua yang berada di wilayah kepulauan. Sedangkan wilayah daratan Buton Selatan diamankan Polres Buton.

“Kemudian kita minta BKO juga dua Kompi dari Brimob,” tuturnya.

Terkait berapa personil yang akan diturunkan di tiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) akan diatur sesuai dengan tingkat kerawanan di masing-masing TPS.

Untuk anggaran pengamanan, kata Suryo Aji, Pemerintah Kabupaten Buton Tengah telah menghibahkan dana sebesar Rp 4,6 Milyar untuk Polres Baubau. Sementara Pemerintah Kabupaten Buton Selatan nihil atau tidak ada.

“Tanya saja Pj Bupati Busel, kenapa tidak dialokasikan untuk Polres Baubau,” katanya.

Padahal kata dia, Polres Baubau sejak masih dipimpin AKBP Eko Wahyuniawan SIk sudah mengusulkan anggaran pengamanan Pilkada. Setelah dirinya menjabatpun kembali mengusulkan, namun hingga kini belum ada kejelasan.

Kepala Badan Pengelola Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Busel, LM Davis melalui kepala bidangnya, Jun ketika dikonfirmasi menyebut, sudah mengusulkan anggaran pengamanan Pilkada di Busel. Rp 2 Milyar untuk Polres Buton dan Rp 800 juta untuk Polres Baubau.

“Itu yang saya terima, tapi kan itu masih angka rancangan, finalnya nanti 2017,” katanya. (k2/c/jie)

To Top