Oknum Guru SMA Batu Putih Diduga Lakukan Pungli – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Oknum Guru SMA Batu Putih Diduga Lakukan Pungli

Ilustrasi

Ilustrasi

LASUSUA, BKK – Oknum guru Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kecamatan Batu Putih, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), diduga melakukan pungutan liar (pungli) terhadapa siswa yang akan mengambil ijazah.

“Pungutan itu, setiap tahun kelulusan di lakukan oleh pihak sekolah SMA Batu Putih dengan jumlah Rp.100 ribu persiswa” kata salah seorang tua siswa yang minta untuk tidak disebutkan namanya.

Menurut warga Batu Putih ini, sudah dua orang anaknya yang alumni SMA Batu Putih dan kedua anaknya saat mengambil ijasa di kenakan biaya dengan dalih bahwa uang tersebut untuk adiminstrasi. Untuk tahun ini sudah diumumkan oleh pihak sekolah kalau ada uang Rp.100 ribu saat pengambilan ijasah.

Kepala Sekolah (Ks) SMA Batu Putih, Andi Ahmad saat dihubungi via telpon selularnya mengatakan untuk tahun ajaran 2016 di sekolah yang dipimpinya ada 182 siswa yang dinyatakan lulus dan sampai saat ini belum ada satupun siswa yang sudah menerimaha ijasah.

“Bagaimana mau ada pungutan, sedangkan ijazah saja belum ditulis nama siswanya,” kata Andi Ahmad, Senin (1/8).

Sehingga lanjut dia, tidak ada pungutan siswa saat pengambilan ijasah dan apabila ada oknum guru yang melakukan pungutan saat pengambilan ijasah dirinya tidak mengetahuai.

“Tidak benar ada Pungli saat pengambilan ijasah. Apalagi ijasah belum ada yang terimah bagaimana mau di pungut biaya” ujarnya.

Dirinya menambahkan mengenai dugaan pungutan setiap tahunnya yang dikeluhkana orang tua siswa. Dirinya juga membantah dugaan tersebut.

“Kalau ada pungutan setiap tahunya pasti sudah sejak lama di keluhkan orang tua siswa, tapi baru tahun ini ada keluhan seperti itu bahkan ijasanya saja belum diterima,” ujarnya. (k2/)

Click to comment
To Top