Dewan Minta Pemkot Lakukan Pemangkasan Pohon – Berita Kota Kendari
Beranda

Dewan Minta Pemkot Lakukan Pemangkasan Pohon

KENDARI, BKK – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari meminta Dinas Kebersihan Pertamanan dan Permakaman Kota Kendari untuk melakukan pemangkasan pohon rimbun yang berada di tepi jalan.

Pasalnya, pohon yang terlalu rimbun dapat menyebabkan beberapa masalah, seperti mudah tumbang dan mengganggu jaringan listrik, yang dampaknya merugikan masyarakat.

“Mengantisipasi masalah yang tidak diharapkan akibat banyaknya pohon rimbun di Kota Kendari, kami akan meminta pihak Dinas Kebersihan dan Badan Lingkungan Hidup (BLH) untuk segera melakukan pemangkasan pohon,” terang Wakil Ketua Komisi III, La Ode Azhar ditemui di ruangannya, Senin (1/8).

Ia menguraikan, hal ini juga menindak lanjuti himbauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari atas potensi angin kencang dan fenomena Lanina di September.

“Kalau ini tidak diantisipasi segera, maka bisa berdampak fatal, sebab pohon rindang dapat mudah tumbang akibat tekanan angin yang besar, untuk itu kami berharap Dinas Kebersihan bisa segera melakukan pemangkasan,” jelasnya.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan dan Permakaman Kota Kendari, Tin Farida mengatakan, dalam melakukan pemangkasan pohon pihaknya memiliki beberapa kendala diantaranya ketersedian alat yang tidak memadai, dan permohonan bantuan alat tersebut telah disampaikan ke DPRD Kota Kendari.

“Kita sudah meminta pengadaan mobil pemangkas pohon yang bisa mengoptimalkan kerja kita di lapangan. Sambil menunggu alat itu, kita akan kerja dengan menggunakan cara manual yang nantinya berkordinasi dengan pihak BLH,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi (Kasi) Observasi dan Informasi BMKG Sultra, Aris Yunatas menuturkan, berdasarkan prediksi BMKG kondisi cuaca saat ini telah melewati masa ekstrim, namun di September nanti, potensi Lanina sangat berpeluang terjadi. “Sejauh ini kondisi cuaca kita bisa terbilang stabil, tetapi di September masuk lagi cuaca ekstrim,” tutupnya. (m2/c/jie)

 

Click to comment
To Top