Bisnis & Ekonomi

Dari 254 Koperasi di Baubau, 78 Tak Aktif

BAUBAU, BKK
Data Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop dan UKM) Kota Baubau menunjukkan dari 254 koperasi di Baubau, 78 diantaranya sudah tidak aktif lagi. Sebagian besar, 176 lainnya masih aktif.
Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Baubau, Muhammad Amsir Afie melalui Kepala Bidang Koperasi, Rustam menjelaskan, alasan tidak aktifnya 78 koperasi itu beragam. Namun kebanyakan alasannya karena perubahan status Baubau dari kota administratif menjadi kotamadya.
Dinasnya, kata dia, sudah melakukan beberapa upaya agar seluruh koperasi itu dapat aktif kembali. Misalnya dengan cara mencari tahu lokasi dan tempat koperasi tersebut. Namun kendalanya, tempat maupun sekretariat koperasi itu sudah tidak ada.
“Jangankan anggotanya, sekretariatnya saja sudah tidak ada,” tuturnya.
Kebanyakan koperasi yang sudah tidak aktif itu berada di dua kelurahan, yakni Kelurahan Tomba dan Kelurahan Bataraguru di Kecamatan Wolio. Selebihnya tersebar di 41 kelurahan lain di delapan kecamatan.
Rustam juga mengatakan, ada tujuh koperasi yang baru dibentuk dan didaftarkan. Tapi pembentukannya itu diduga lebih pada untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah pusat.
“Iya, begitu dengar ada bantuan dari Kementerian, banyak yang datang mau bikin koperasi. Tapi setelah tiga bulan, kita nda dengar lagi kabarnya,” tuturnya.
Saat ini di Dinas Koperasi Kota Baubau sementara menjalankan program pembubaran koperasi. Program ini bertujuan menciptakan koperasi yang tangguh dan berkualitas. Karena kata dia, koperasi yang sudah tidak aktif serta merta bisa dibubarkan karena setiap koperasi memiliki badan hukum tersendiri.
“Yang kita data itu ada sekitar 20 yang kita masukkan dalam program pembubaran koperasi itu,” paparnya. (k2/b/aha)

To Top