Kejati Tahap II Kasus Aswad Sulaiman – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Kejati Tahap II Kasus Aswad Sulaiman

Aswad Sulaiman. (F: Dok. BKK)

Aswad Sulaiman. (F: Dok. BKK)

KENDARI, BKK – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) melimpahkan berkas dan tersangka Aswad Sulaiman ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe.

Pelimpahan tahap II dilakukan, setelah berkas perkara mantan orang nomor satu di Konawe Utara (Konut) ini dinyatakannya lengkap (P-21). Kini, Kejari Konawe tinggal melimpahkan berkasnya ke Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari untuk disidangkan.

“Kami sudah limpahkan (tahap II), sekarang tinggal Kejari Konawe yang kirim berkasnya ke Pengadilan Tipikor Kendari untuk menjalani proses persidangan,” terang Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra Janes Mamangkey SH, Sabtu (30/7).

Dibeberkan, sebelumnya Aswad telah diminta datang ke Kejati Sultra untuk menandatangani berita acara pelimpahan tahap II.

Janes menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak Kejari Konawe mengenai jaksa penuntut umum (JPU) yang akan menyidangkan perkara tersebut. Kesepakan terjalin, bahwa yang akan menangani kasus itu adalah JPU Kejati Sultra, Jainuddin SH.

“JPU-nya itu dari Kejati Sultra yaitu Jainuddin SH,” sebutnya.

Sedinya, kata Janes, tahap II sudah lama dilimpahkan. Namun, karena butuh telaah serius dari Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sultra Sugeng Djoko Susilo, sehingga baru bisa dilakukan.

Menurut dia, telaah itu dibutuh agar tidak ada kekeliruan dalam penerapan pasal dan celah hukuman lainnya.

Diketahui, Aswad Sulaiman ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konut Tahap II dan III pada 2011 sampai 2012.

Sesuai dengan surat perintah penyidikan (Sprindik) 24 Februari 2016, Aswad dianggap telah menyalahgunakan kewenangan yang mengakibatkan kerugian keuangan negara sebesar Rp 2,3 miliar dengan modus melakukan penunjukan langsung terhadap PT Voni Bintang Nusantara. (p5/c/kas)

To Top