Hari Ini, KPU Muna Gelar Pleno Penetapan – Berita Kota Kendari
Headline

Hari Ini, KPU Muna Gelar Pleno Penetapan

RAHA, BKK
Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Muna memastikan akan menggelar Rapat Pleno Penetapan LM Rusman Emba – Malik Ditu sebagai Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih periode 2016 -2021, Senin (1/8) hari ini.

Kepastian tersebut disampaikan Komisioner KPU Muna, Suleman Loga. Katanya, KPU Muna sudah merampungkan berbagai syarat adminitrasi yang diperlukan sehingga rapat pleno sudah bisa dimulai dilaksanakan.
“Dari beberapa hari yang lalu kita sudah menyiapkan administrasi yang diperlukan dan sudah tidak ada lagi masalah. Jadi besok (Senin) KPU sudah bisa menggelar rapat pleno,” kata Sulaman Loga melalui telepon selulernya, Minggu (31/7).
Digelarnya rapat pleno penetapan Bupati dan Wakil Bupati Muna terpilih tersebut sekaligus menepis isu yang berkembang di masyarakat bahwa KPU Muna akan mengulur waktu rapat pleno tersebut. Suleman menegaskan isu itu sangat menyesatkan. Namun KPU tidak akan ambil pusing.
“Ah, itu hanya rumor yang tidak jelas. Malah kita inginkan lebih cepat. Agar semua tugas kita juga selesai,” tambahnya.
Pantauan jurnalis Berita Kota Kendari di Raha, menjelang digelarnya rapat pleno itu, pihak aparat kepolisian sudah membuat barikade pagar duri. Polisi juga membatasi akses jalan menuju Kantor KPU Muna.
Komisioner KPU Muna lainnya, Andi Arwin mengatakan pleno penetapan nanti akan dihadiri pasangan calon, KPU maupun Bawaslu Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). KPU juga mengundang tim pemenangan masing masing paslon, partai pengusung masing-masing paslon dan jajaran forum komunikasi pemerintah daerah (Forkopinda). Arwin juga menyatakan bahwa jadwal pleno yang ditetapkan pada Senin 1 Agustus, juga merupakan keputusan MK.
Jika kondisi saat penetapan nanti ada pihak yang mencoba membuat kegaduhan, Arwin mengatakan itu akan sia-sia saja. Dia memastikan segala upaya untuk mengganggu proses pleno tidak akan berpengaruh apa-apa.
“KPUD Muna tidak akan terpengaruh dan tetap menyelesaikan agenda pleno penetapan bupati muna terpilih,” kata komisioner yang membidangi Devisi Teknis Penyelenggara Pemilu dan Humas ini.
Kapolres Muna AKBP Yudith S Hananta SIK mengatakan, pengamanan ekstra sudah dilakukan pihaknya jauh hari sebelumnya. Adapun kawat duri, sudah disiapkan pasca pembacaaan putusan terakhir Mahkamah Konsitusi RI.

“Pemasangan pengamanan seperti kawat berduri di KPU Muna dan akses jalan menuju KPU Muna, akan kita pasang sampai pelantikan bupati terpilih. Kantor KPU itu aset negara, harus kita amankan,” jelas Kapolres yang via ponselnya, kemarin.
Pengamanan KPU Muna dan Kota Raha, Polres Muna didukung oleh kekuatan satu SSK Brimobda Sultra. Sejauh ini, kata Kapolres, kondisi Muna sudah jauh lebih kondusif. (cr1/a/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top