Antisipasi Spekulasi Harga, Disperindag Konsel Pantau Pasar – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Antisipasi Spekulasi Harga, Disperindag Konsel Pantau Pasar

Drs Abdullah

Drs Abdullah

ANDOOLO, BKK – Mengantisipasi agar pedagang tidak seenaknya menaikan harga sembilan bahan pokok (sembako), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Konsel melakukan pemantauan pasar.

Kepala Disperindag Kabupaten Konsel Drs Abdullah mengatakan, kegiatan tersebut bukan hanya sebagai seremonial ataupun pelaksanaan rutinitas semata, melainkan sebagai salah satu tugas utama (Disperindag) Konsel, sebelum akhirnya melaksanakan berbagai kebijakan-kebijakan dalam mengantisipasi terjadinya spekulasi pasar.

“Kami melakukan pemantauan agar pedagang tidak seenaknya menaikan harga secara sepihak, tanpa adanya faktor-faktor penyebab utama. Jika didapatkan, tentu akan kita proses untuk diberikan pembinaan, bahkan sanksi,” tegas Abdullah.

Dijelaskan, jika para tim secara langsung memantau di lapangan, maka akan memberikan efek kehati-hatian dari para pedagang, agar tidak menjadikan momen lebaran sebagai ajang mencari keuntungan tanpa mempertimbangkan kelayakan konsumsi.

Misanya, karena tingginya aktivitas belanja masyarakat, sehingga terkadang tidak memperhatikan lagi waktu produksi. Dihawatirkan, kondisi tersebut dimanfaatkan oleh oknum pedagang untuk menjual barang-barang yang telah memasuki batas produksi.

“Hal yang kita hindari juga adanya penimbunan barang, karena mau menghadapi lebaran. Karena, boleh jadi barang tersebut disimpan dulu, lalu kemudian terjadi kelangkaan barang yang berdampak pada kenaikan harga,” jelas Abdullah.

Dengan demikian, kata dia, pihaknya akan terus memantau pasar. Jika nantinya ditemukan indikasinya maka tentu akan ditelusuri, namun sejauh ini masih dalam kondisi wajar dan terkendali.

Abdullah menambahkan, selain melakukan pemantauan secara langsung di lapangan, pihaknya juga tetap menerima keluhan dari masyarakat atau konsumen, sesuai dengan arahan Bupati Konsel Drs H Surunuddin Dangga dan wakilnya DR Arsalim Arifin.

“Kami juga terus menerima keluhan dari masyarakat, tetapi alhamdulillah sampai saat ini belum ada. Ini juga dikarenakan langkah antisipasi yang telah kita lakukan sejak awal, sesuai dengan arahan Bupati Konsel beserta wakilnya. Apalagi ini sudah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk mengendalikan harga barang,” tuntasnya. ( c/kas)

To Top