375 Siswa SMKN 2 Kendari Berangkat Prakerin – Berita Kota Kendari
Pendidikan

375 Siswa SMKN 2 Kendari Berangkat Prakerin

RAHMAT RULLA/BERITA KOTA KENDARI MAGANG DI PERUSAHAAN. Pihak SMKN 2 Kendari saat melepas keberangkatan 375 siswanya untuk Praktek Kerja Industri, Sabtu (30/7).

RAHMAT RULLA/BERITA KOTA KENDARI
MAGANG DI PERUSAHAAN. Pihak SMKN 2 Kendari saat melepas keberangkatan 375 siswanya untuk Praktek Kerja Industri, Sabtu (30/7).

KENDARI, BKK- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 2 Kendari, Senin (1/8) mulai memberangkatkan sebanyak 375 siswanya untuk menjalani Praktek Kerja Industri (Prakerin) di beberapa perusahaan di Sulawesi Tenggra (Sultra).
Setidaknya ada 90 perusahaan tempat mereka belajar pada tiga daerah, yakni Konawe Selatan, Kolaka dan Kendari. Selama menjalani masa Prakerin, para siswa tetap didampingi gurunya.
“Ada 46 guru yang akan mendampingi mereka,” kata Kepala SMKN 2 Kendari, Drs Muhammad Ansyari Umirtun di sela-sela kegiatan pembekalan bagi siswa Prakerin, akhir pekan lalu.
Ansyari menjelaskan, Prakerin bertujuan meningkatkan pengetahuan serta keahlian para siswa dengan mengolaborasi hasil pendidikan mereka di sekolah dengan kenyataan di tempat kerja. Harapannya, para siswa nantinya bisa menguasai dengan baik jurusan yang diminatinya, sebelum memasuki dunia kerja.
Di masa awal Prakerin, para siswa akan diperkenalkan dengan lingkungan kerja, secara melihat langsung pekerjaan teknik. Setelah memahami teknik pekerjaan, mereka akan mulai bekerja sendiri.
Tujuan akhir dari Prakerin adalah memperoleh sertifikat pengalaman kerja. “Sertifikat pengalaman kerja akan menggambarkan seberapa jauh para siswa yang diutus ini mengusai ilmunya. Nanti sertifikat tersebut juga sangat berguna jika mereka tamat dan mencari pekerjaan,” katanya.
Sementara Kepala Kelompok Kerja Pendidikan Sistem Ganda, Drs Sunarta menambahkan, bahwa praktek ini berlangsung di 90 industri. Kebanyakan ada dalam Kota Kendari sebanyak 84 perusahaan. Sisanya, tiga perusahaan di Konsel dan tiga lagi di Kolaka.
Adapun rincian kompetensi keahlian siswa yakni kontruksi kayu (10 siswa), teknik kontruksi batu beton (11 siswa), teknik kontruksi baja (12 siswa), teknik gambar bangunan (39 siswa) dan teknik survei dan pemetaan (17 siswa). Selain itu, ada juga audio vidio (44 siswa), kelistrikan (68 siswa), permesinan (61 siswa), kendaraan ringan (41 siswa), pengelasan (23 siswa) dan teknik sepeda motor (49 siswa). (p7/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top