SMAS Idhata Kendari Target Juara Adiwiyata Sultra – Berita Kota Kendari
Pendidikan

SMAS Idhata Kendari Target Juara Adiwiyata Sultra

Idham, S.Pd., MPd

Idham, S.Pd., MPd

KENDARI, BKK – Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS) Idhata Kendari yang saat ini terakreditasi A menargetkan piala Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Pasalnya, pada bulan Maret tahun 2016, sekolah yang berstatus swasta tersebut berhasil meraih piala Adiwiyata Kota Kendari.

Kepala SMAS Idhata Kendari, Idham SPd MPd, menyampaikan, saat ini pihaknya tengah berkonsentrasi untuk meraih piala kebersihan antar sekolah tingkat Sultra tahun 2016,

“Saat pihak sekolah kami sedang berkonsentrasi untuk meraih piala kebersihan dengan cara melibatkan siswa dalam perilaku sekolah yang berwawasan lingkungan,” katanya saat ditemui di ruangannya, Jumat (29/7).

Idham mengatakan, dalam rangka pencapaian target tersebut salah satunya adalah patokan bulan Maret 2016 terkait dengan SMAS Idhata Kendari berhasil merebut piala Adiwiyata, dan juga mencoba melibatkan siswa dalam kebersihan lingkungan sekolah.

“Sekolah ini memang tidak memiliki cleaning service, tetapi kami sebagai staf pengajar mencoba memberikan contoh bagaimana menjaga lingkungan yang bersih, sehingga siswa bisa belajar dan bisa diaktifkan dalam kebersihan sekolah tersebut,” terangnya.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa mengenai kebersihan lingkungn sekolah yang dipimpinnya tidak sekedar teori saja, tetapi memang lingkungan sekolah tersebut bersih dan nyaman.

“Siswa di sini memiliki peran tersendiri dalam kebersihan, mereka proaktif dan menjadikan guru sebagai panutan kebersihan dan disipilin bersih sehingga selain guru, siswa juga bisa nyaman belajar,” tambahnya.

“Siswa juga menjadi pelopor kebersihan itu sendiri, kami saat ini memiliki motto datang bersama-sama dan pulang bersama, sehingga pagi kami bisa mencoba memberishkan sekolah secara besama-sama antara guru dan siswa,” tuturnya.

Karena SMAS Idhata berhasil merebut Piala Adiwiyata tingkat kota maka pihaknya menciptakan sekolah yang berwawasan bersih dan kedepan nanti bisa merebut sekolah bersih di Provinsi Sultra yaitu Adiwiyata tingkat porpinisi.

“Ketika kami berhasil merebut piala kebersihan tingkat propinsi kami berusaha untuk menjadi sekolah terbersih se-Indonesia,” mimpinya. (p7/c/jie)

Click to comment
To Top