Pemkot Optimis Kembali Raih TPA Terbaik – Berita Kota Kendari
Beranda

Pemkot Optimis Kembali Raih TPA Terbaik

Tin Farida

Tin Farida

KENDARI, BKK – Pemerintah Kota Kendari melalui Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari optimis mampu kembali meraih predikat sebagai kota yang memiliki TPA terbaik.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari Tin Farida. Kata dia, dalam melakukan perawatan terhadap TPA yang terletak di Kecamatan Puuwatu berdasarkan anjuran teknis yakni mengenai penutupan, dimana penutupan areal lendfil ini dilakukan sepekan minimal sekali.

Kemudian, lanjut dia, pihaknya menjadikan TPA menjadi TPA yang tidak bau yang terhindar akan lalat. Selain itu, tutur dia, di TPA juga ada pengelolaan gas metan yang telah dimanfaatkan oleh masyarakat yang menjadi keunggulan tersendiri TPA Kota Kendari sehingga berhasil menjadi TPA terbaik seluruh Indonesia.

“Dengan berhasilnya Kota Kendari sebagai Kota yang memiliki TPA terbaik seluruh Indonesia kami hanya mampu bersyukur atas reward yang diberikan oleh pemerintah pusat, selain itu atas reward tersebut kami akan berupaya untuk lebih berinovasi dan lebih meningkatkan lagi yang telah ada,” ungkap Tin Farida saat ditemui diruangannya Jumat (29/7).

Sebab, aku dia, yang namanya TPA pasti sifatnya tidak statis, sehingga sepekan saja tidak dikelolah dengan baik maka akan menjadi TPA yang sudah tidak bagus lagi. Sehingga, beber dia, memang perawatan TPA harus dilakukan setiap hari dan selalu ada perhatian yang diberikan dalam hal perawatan TPA tersebut.

“Plakat TPA terbaik dikaruniahi pada 22 Juli 2016 yang diserahkan oleh Wakil Presiden Jusuf Kala, yang diterima oleh Wakil Wali Kota Kendari (Wawali) Musadar Mappasomba di Kabupaten Siap,” katanya.

Tin mengaku, setelah berhasil meraih plakat TPA terbaik, kedepan selain mempertahankan pihaknya akan lebih berinovasi jangan statis kondisinya tetapi TPA harus lebih baik lagi.

“Kedepan inovasi yang akan dilakukan di TPA kita sudah mulai merintis untuk bisa menjadi selain untuk menanggulangi pencemaran lingkungan, fungsinya juga sebagai edukasi yang kemudian dikembangkan menjadi TPA wisata,” paparnya.

Tahun ini, ucap dia, pihaknya bulan depan akan memasang Flying fox untuk outbound, hal itu dilakukan karena TPA tersebut sering dikunjungi oleh mahasiswa dan anak sekolah. Sehingga, tutur dia, dengan adanya fasilitas tersebut ketika mereka berkunjung di TPA tersebut mereka bisa memanfaatkan segala fasilitas yang ada di TPA sebagai sarana rekreasi.

Sehingga, beber dia, dengan begitu, imej bahwa TPA yang bau dan jorok bisa dihilangkan dengan membuat taman-taman, kemudian menjadikan sebagai lokasi wisata. Sehingga, menurutnya, ketika orang berkunjung disana bisa merasa nyaman.

“Kami optimis dengan segala inovasi yang dilakukan di TPA, akan mampu mendongrak kembali Kota Kendari sebagai Kota yang memiliki TPA terbaik. Plakat TPA terbaik ini merupakan plakat satu-satunya untuk Kota sedang, sedangkan untuk Kota besar dan Metro tidak ada,” tambahnya. (m3/c/jie)

To Top