Oktober, Pemkot Akan Naikkan Honor Petugas Kebersihan – Berita Kota Kendari
Beranda

Oktober, Pemkot Akan Naikkan Honor Petugas Kebersihan

Sudah delapan kali Kota Kendari meraih predikat Adipura, namun Pemkot baru memikirkan akan menaikkan honor mereka.

Sudah delapan kali Kota Kendari meraih predikat Adipura, namun Pemkot baru memikirkan akan menaikkan honor mereka.

KENDARI, BKK – Oktober 2016 pemerintah kota (Pemkot) Kota Kendari akan menaikan gaji karyawan Dinas Keberihan Pertamanan dan Pemakaman (DKP) Kota Kendari.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari Tin Farida, kata dia, memang gaji karyawan tidak bisa disesuaikan dengan Upah Minimum Regional (UMR), karena Dinas Kebersihan digaji dalam sehari berdasarkan jam kerja sehingga harus dilakukan penyesuaian dengan kemampuan daerah. Namun, gaji karyawan Dinas Kebersihan Kota Kendari secara bertahap setiap tahun dinaikan.

Tahun ini, kata dia, diperubahan anggaran Wali Kota Kendari, Ir Asrun sudah menjanjikan akan menaikan lagi gaji karyawan Dinas Kebersihan sebesar Rp 100 ribu.

“Sebanarnya kalau gaji buru sekarang Rp 800 ribu perbulannya, tetapi Sabtu dan Minggu ada namanya lembur dengan honor Rp 240 ribu. Sehingga jika digabung maka gaji mereka sudah diatas 1 juta, apa lagi di tahun ini Wali Kota akan menaikan lagi gaji karyawan Dinas Kebersihan sebesar Rp 100 ribu maka gaji mereka diatas Rp 1 juta,” ungkap Tin Farida, Jumat (29/7).

Ia menyebut, untuk taman gaji perbulannya sebesar Rp 600 ribu, sedangkan untuk honor karyawan drainase perbulannya Rp 700 ribu dan buruh sampah Rp 800 ribu perbulannya. Kalau sopir, tutur dia, gajinya lebih besar lagi.

“Sejauh ini memang ada keluhan yang dilontarkan oleh karyawan terkait gaji mereka yang minim, sebab yang namanya manusia pasti ingin yang lebih bagus dengan kondisi yang ada. Sebab pasti mereka akan merasakan kurang, dan kita juga merasakan itu,” paparnya.

Tetapi, beber dia, lagi-lagi kemampuan daerah juga harus dipikirkan. Sebab Wali Kota dan pihak DPRD sebenarnya ingin sekali menaikan gaji karyawan Dinas Kebersihan, tapi harus disesuaikan kemapuan daerah untuk membiayainya.

Sedangkan upah karyawan naik sebesar Rp 100 ribu saja, tambahannya dalam setahun kurang lebih Rp 240 juta.

“Kami sudah melakukan komunikasi dengan Wali Kota Kendari, bahkan waktu rapat perubahan Wali Kota meminta agar gaji karyawan Dinas Kebersihan dinaikan. Rencanya kenaikan gaji kayawan Dinas Kebersihan akan dilakukan Oktober semua jenjang dinaikan Rp 100 ribu,” ujarnya.

Kata dia, usulan kenaikan gaji karyawan dilakukan jika pendapatan daerah juga naik.

Sementara itu, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari, La Ode Azhar menambahkan, peningkatan upah tenaga honorer DKP Kota Kendari, memang perlu, sebab selama ini upah mereka yang dibawah dari rata-rata UMR sangat memprihatinkan, padahal perannya sangat besar dalam pengembangan kota.

“Kalau kita lihat, capaiyan yang didapatkan pemerintah kota hari ini itu tidak terlepas dari keterlibatan DKP, bahkan bisa meraih piagam Adipura Kencana dan Adipura Buana beberapa kali,” pungkasnya. (m3-m2/c/jie)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top