Komisi II Upayakan Peningkatan Kualitas UKM – Berita Kota Kendari
Beranda

Komisi II Upayakan Peningkatan Kualitas UKM

KENDARI, BKK- Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari rencananya akan merancang sebuah Peraturan Daerah (Perda) baru untuk meningkatkan kualitas Usaha Kecil Menengah (UKM) yang ada di Kota Kendari.

Hal ini disampaikan Ketua Komisi II, Subhan ST, Jumat (29/7). Ia menjelaskan, penerapan rancangan tersebut sesuai dengan hasil kunjungannya di DPRD Kota Bandung.

“Sesuai dengan hasil kunjungan saya di sana, mayoritas UKM yang ada di Kota Bandung, tidak pernah mengalami kesulitan dalam pengembangan usahanya sebab ada campur tangan pemerintah yang dituangkan dalam Perda, dan ini juga yang akan kita coba terapkan di Kota Kendari,” terangnya.

Dalam Perda yang akan dirancang nanti, lanjut dia, lebih fokus pada persoalan pemberian modal pada pelaku usaha yang sistemnya dipermudah. Dimana pemerintah akan membuat badan usaha baru yang khusus melayani peminjaman modal bagi pelaku usaha UKM.

“Kita akan desain seperti ini dalam perda yang akan kami rancang, untuk mengantisipasih peminjaman modal pelaku usaha pada lintah darat. Selain itu, kami juga akan membantu pelaku usaha dalam mengeksplor barang dagangannnya, baik dalam kota atau di luar daerah,” jelasnya.

Politikus PKS ini menguraikan alasan utama peningkatan UKM dengan Perda dilakukan, sebab melihat minat usaha masyarakat Kota Kendari yang begitu tinggi. Dimana diketahui bersama pelaku usaha, seperti Pedagang Kaki Lima (PKL) telah banyak berhamburan disetiap sudut kota.

“Langkah ini juga untuk lebih menstrukturkan para pelaku usaha sehingga bisa lebih tertata dan hidup,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapperda) DPRD Kota Kendari, Muhammad Ali ditemui di ruangannya menuturkan, cukup sepakat dengan usulan tersebut. Namun untuk pembuatannya nanti masih perlu dirapatkan terlebih dahulu.

“Saya sepakat dengan usulan seperti ini, tapi kita perlu bahas dulu baik buruknya sehingga dalam penerapannya nanti bisa lebih tepat sasaran,” tambahnya. (m2/c/jie)

To Top