Sukmawati Jadi Andalan Kempo – Berita Kota Kendari
Headline

Sukmawati Jadi Andalan Kempo

Nirwan/BKK Siti Sukmawati

Nirwan/BKK
Siti Sukmawati

KENDARI, BKK– Siti Sukmawati menjadi salah satu andalan Sulawesi Tenggara untuk meraih prestasi di Pekan Olahraga Nasional XIX Jawa Barat, pada pertandingan Kempo. Tak tanggung-tanggung, atlit yang tergabung dalam Persaudaraan Bela Diri Kempo Indonesia (Perkemi) Sultra itu dipercaya untuk meraih medali.
Wakil Ketua Pengurus Cabang (Pengcab) Perkemi Sultra, Wais Meronda mengatakan, melihat prestasinya yang terus bersinar belakangan ini, pihaknya yakin Sukmawati akan bisa mengharumkan nama Sultra pada ajang PON.
“Pengalamannya yang membuat kami tidak ragu. Karena semua kejuaraan yang dimainkan, baik tingkat daerah maupun nasional, Wati (sapaan akrab Sukmawati) selalu membuat kami bangga,” kata Wais Meronda, Kamis (28/7).
Pada PON sebelumnya di Kalimantan Timur, ia berhasil meraih medali perunggu. Lalu di kejuaraan Selebes Wilayah Indonesia Timur yang digelar di Makassar Mei lalu, Sukmawati  berhasil menyumbangkan medali emas.
Menghadapi PON di Jabar, Wais menganggap persiapan atlet wanita ini sudah maksimal. Hanya saja, dia berencana memberangkatkan Sukmawati beserta atrlit lainnya lebih awal untuk adaptasi lingkungan.
“Atlet kita harus cepat berangkat menuju lokasi PON. Sebab lokasi PON (Bandung, red) merupakan daerah dingin. Beda dengan kondisi yang ada di Sultra. Sehingga mereka harus beradaptasi agar tidak sampai mempengaruhi atlet ketika bertarung nanti,” terangnya.
Di pertandingan Kempo, Sultra akan mengikuti tiga kelas, yakni kelas 48 kg putri randori, 60 kg putra randori, dan 50 kg putri randori. Sukmawati sendiri akan mewakili Sultra di kelas 48 kg putri randori.
Di tempat yang sama, Sukmawati merasakan sudah siap secara fisik dan mental. Dia mengatakan selama menjalani pelatihan, dia selalu mendapatkan bimbingan yang terarah dari para pelatihnya.
“Kuncinya adalah disiplin dan tekun,” katanya.
Menjadi tumpuan di Kempo, Sukmawati merasa tidak terbebani. Dia optimis mampu menyumbangkan medali untuk Sultra.
Kepercayaan dirinya meningkat setelah prestasi yang diraihnya di Makassar, baru-baru. Pasalnya, dalam kejuaraan tersebut, masing-masing daerah menurunkan atlit terbaiknya, namun dia bisa mengalahkan mereka dan meraih medali emas.
“Semua daerah pasti menurunkan atlit terbaiknya di PON nanti. Tapi saya tetap sangat yakin bisa meraih prestasi. Dengan latihan keras, disiplin dan ketekunan,” katanya mantap. (m3/b/aha)

Click to comment
To Top