Pemda Kolut Optimis Jadi Jawara P2WKSS – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Pemda Kolut Optimis Jadi Jawara P2WKSS

Kabid Pemberdayaan Perempuan, Indah Multia

Kabid Pemberdayaan Perempuan, Indah Multia

LASUSUA, BKK – Desa Sorona, Kecamatan Watunohu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), tahun 2015 berhasil menjadi peringkat pertama tingkat provensi dalam Program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS), dan pelaksanaan tahun 2016 ini Pemerintaha Daerah kembali optimis akan menjadai jawara P2WKSS.

Desa Torotuo Kecamatan Ranteangin Kabupaten Kolaka Utara menjadi desa yang ditunjuk mengikuti lomba P2WKSS oleh Kepala Badan Keluaraga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan (KB-PP) yang akan dinilai September mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Perempuan, Indah Multia mengatakan, program P2WKSS merupakan agenda tahunan. Dalam menjalankan program ini Pemda melakukan sistem gilir yakni dari desa pesisir dan desa didaerah pengunungan dengan tujuan agar merata dan semua tersentuh.

“P2WKSS tahun 2015, Kolut juara satu tingkat provinsi yang mewakili desa pesisir yakni Desa Sarona Kecamatan Watunohu, namun tahun ini kita fokus Desa pegunungan,”ujarnya.

Menurut wanita yang ramah ini, penunjukan Desa Torotuo untuk mewakili Kolut dalam lomba P2WKSS telah dilakukan survei dan penilaian dari tim kabupaten. Sektor apa yang bisa di kembangankan.

“Di Desa Torotuo komiditi pisang dan buah sukun sangat melimpah, sehingga kedua komoditi ini akan diolah dengan kreatifitas dengan memberikan pelatihan bagi kaum wanita, sehingga mampu menjadi peluang pendapatan bagi ibu-ibu rumah tangga” katanya.

Lanjut dia, keterampilan yang di peroleh ibu-ibu dalam mengelolah pisang dan sukun agar menjadi makan atau cemilang yang bisa dipasarkan. Selain itu makan atau hasil olehan sukun dan pisang akan di bantu pemasaranya. Minimal pasal dalam kabupaten.

“P2WKSS, merupakan program kemandirian untuk meningkatkan sumber daya manusia baik fisik maupun non fisik terutama ibu-ibu” kata Mutiah.

Dirinya berharap, melalui Program P2WKSS mampu memberikan dampak yang signifikan bagi peningkatan ekonomi masyarakat dan meningkatkan kretifitas menuju desa yang mandiri dan berdaya saing.

“Program ini jangan hanya dijadikan kegiatan yang bersifat sementara, tanpa ada dampak yang baik dan berkelanjutan bagi semua” imbuhnya. (k6/c/jie).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top