Jalan Dibenahi, 724 Sambungan PDAM Malah Putus – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Jalan Dibenahi, 724 Sambungan PDAM Malah Putus

Drs Damin. (Nirwan/BKK)

Drs Damin. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Pengerjaan jalan yang saat ini sedang dilakukan di Kota Kendari justru berdampak pada pemutusan sambungan PDAM di 724 rumah. Imbasnya, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kendari merugi Rp 300 juta.

Direktur Utama (Dirut) PDAM Kota Kendari, Drs Damin, mengatakan, pengerjaan jalan di Rumah Sakit Jiwa (RSJ) yang sudah berjalan lebih dari dua bulan mengakibatkan pihaknya melakukan pemutusan pelayanan di jalur utama, sehingga pendapatan perbulan PDAM Kota Kendari menipis yakni Rp 2,5 miliar sebelumnya pendapatan perbulannya PDAM sebesar Rp 2,8 miliar perbulan.

“Sehingga kalau saya hitung-hitung kerugian PDAM Kota Kendari selama pengerjaan jalan berlangsung kurang lebih sekitar Rp 300 juta, sebab sebanyak 724 sambungan rumah terpaksa diputuskan. Sehingga jika dirata-ratakan Rp 200 ribu persambungan rumah itu sudah berapa, belum lagi kerugian pipa. Walaupun kerugian pipa tersebut diganti, namun pada jalur utama yang berukuran 14 inci yang tidak dijual di Kendari harus dipesan di Surabaya. Sehingga atas kondisi ini pihak PDAM Kota Kendari lama menunggu,” ungkap Damin, Kamis (28/7).

Dikatakan, dengan diputuskannya pelayanan dijalur utama yakni di Jl R Suprapto sampai RSJ, mengakibatkan pelayanan dijalur tersier turut merasakannnya.

“Sebanyak 724 sambungan rumah tersebut sudah dua bulan lebih tidak mendapatkan pelayanan air bersih dari kami, akan tetapi kondisi tersebut saya prediksi tidak akan berlangsung lama sebab saya sudah berkoordinasi dengan pihak kontraktor,” paparnya.

Semoga, sambung dia, dalam waktu dekat ini sebanyak 724 sambungan rumah yang terpaksa dilakukan pemutusan bisa mendapatkan layanan PDAM lagi. Akan tetapi, sorot dia, jalur terseir yang dilakukan pemutusan sambungan, sebesar 70 persen akan mendapatkan pelayanan kembali Sabtu ini.

“Jujur saya katakan dengan diputuskannya 724 sambungan rumah keluhan masyarakat terus berdatangan, sehingga untuk mengurangi keluhan dari masyarakat kami menggratiskan pengambilan air bersih yang ada ditower kami selama sepekan,” paparnya.

Untuk itu, Damin mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk bisa bersabar. Jika, beber dia, pengerjaan jalan sudah selesai maka pihaknya akan langsung menormalkan kembali sambungan utama yang telah terputus. (m3/c/jie)

 

Click to comment
To Top