Dinas PU dan PDAM Diminta Bersinergi – Berita Kota Kendari
Beranda

Dinas PU dan PDAM Diminta Bersinergi

Samsuddin Rahim

Samsuddin Rahim

KENDARI, BKK – Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Kendari dan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Kendari untuk saling bersinergi dalam penyelesaiyan pengerjaan proyek jalan.

Pasalnya, ada dampak yang dialami masyarakat juga pemerintah akibat kurang baiknya hubungan PDAM dan Dinas PU dalam setiap pengerjaan proyek jalan.

“Kita bisa lihat, akibat kurang baiknya hubungan PDAM dan Dinas PU dalam mengerjakan proyek jalan, mengakibatkan aliran air untuk masyarakat menjadi terbatas, sehingga mengakibatkan pendapatan PDAM juga menjadi berkurang,” terang anggota DPRD Kota Kendari, Samsuddin Rahim dihubungi melalui selulernya, Kamis (28/7).

Padahal, lanjut dia, PDAM dan Dinas PU sama-sama berada dalam naungan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, yang seharunya bisa bersinerji dalam membangun kota. Untuk itu, mestinya hal ini menjadi landasan berpikir Dinas PU dan PDAM untuk mau bergandengan tangan.

“Saya berharap, Dinas PU dan PDAM bisa bersinerji untuk menyelasaikan proyek jalan, karena sadar tidak sadar akibat ulah mereka ini, pemerintah juga ikut dirugikan,” jelasnya.

Direktru Utama (Dirut) PDAM Kota Kendari, Damin ditemui di ruangannya menuturkan, sebelumnya pihak PDAM dan PU pernah bekerja sama dalam setiap pengerjaan jalan, tetapi demi mengirit pengeluaran, kerja sama itu kemudian dibatalkan yang berdampak pada kerugian besar PDAM.

“Kami saat ini, mengalami kerugian hingga Rp 300 juta akibat kerusakan pipa yang dibuat Dinas PU dalam melakukan galian. Padahal, sebenarnya hal itu tidak perlu terjadi jika kerja sama yang pernah ada tetap berjalan,” tutur Damin.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga Dinas PU Kota Kendari, Tigor ditemui terpisah membenarkan, putusnya kerja sama dengan PDAM diakibatkan minimnya anggaran dalam setiap pengerjaan jalan.

“Kalau kita gandeng PDAM maka anggaran yang seharunya diporsikan untuk pengerjaan jalan akan terpakai, dan itu bisa berdampak pada proyek kami,” pungkasnya.(m2-m3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top