Demokrat Rekomendasikan Tiga Nama – Berita Kota Kendari
Headline

Demokrat Rekomendasikan Tiga Nama

KENDARI, BKK– Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Sulawesi Tenggara telah mengirimkan nama-nama calon Wali Kota maupun Bupati pada Pilkada serentak 2017, kepada DPP Partai Demokrat. Untuk Kendari, ada tiga nama yang diusulkan.

Tiga nama tersebut masing-masing Abdul Rasak, Muhammad Zayat Kaimoeddin (Derik) dan Ishak Ismail (Anak Lorong). DPP selanjutnya akan menyeleksi lalu mengirim kembali satu nama.
Direktur Eksekutif DPD PD Sultra, Kolonel (Purn) Mura Husen mengatakan, tiga nama tersebut memiliki elektabilitas tertinggi dibandingkan calon lain yang mendaftar di partai berlambang mercy itu.
“Rasak, Derik dan Ishak paling tinggi hasil surveinya. Mereka yang kita kirim ke DPP,” terang Mura melalui telepon selulernya, Kamis (28/7).
Sebelumnya, ada sembilan bakal calon yang mendaftar di Demokrat. Hanya saja, setelah dilihat tren surveinya, PD Sultra akhirnya memutuskan hanya tiga nama yang layak didorong ke DPP.
Mura menyebut, seluruh pengurus DPD PD Sultra telah dipanggil oleh Sekretaris Jenderal DPP PD untuk menghadap Susilo Bambang Yudhoyono selaku pimpinan partai. Nantinya pengurus akan memaparkan perihal kelebihan maupun kekurangan tiga calon tersebut.
“Besok (hari ini) kita ke Jakarta untuk bertemu Pak SBY,” jelasnya.
Dalam menentukan nama yang layak didukung nantinya, Demokrat mengacu pada visi misi dan survei, koalisi dan kemampuan logistik kandidat. Menurut dia, visi misi dan survei calon tetap menjadi parameter penentu dalam mengusung calon.
Hal penting lainnya, kandidat telah memiliki koalisi dengan partai lain. Jika kandidat tidak bisa menjaminkan kursi dari partai lain, Demokrat sudah pasti tidak akan mengusungnya.
“Karena kita hanya empat kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari. Sehingga, kita masih butuhkan minimal tiga kursi lagi sebagai syarat untuk mengusung calon,” paparnya.
Terakhir adalah kemampuan logistik calon. Menurut dia, kemampuan logistik sangat penting untuk membiayai kerja-kerja pemenangan nanti.
“Sekarang, kita tinggal menunggu keputusan DPP. Semua nama dari tujuh daerah di Sultra telah kita usulkan untuk dikerucutkan menjadi satu,” tuturnya.
Selain Kota Kendari, DPD PD Sultra telah mengusulkan nama balon yang maju di enam daerah lainnya. Setidaknya, ada 15 balon dari tujuh daerah yang diusulkan ke DPP.
Menurut Mura, 15 nama ini sudah ditetapkan oleh pengurus tingkat provinsi beberapa waktu lalu. Sekarang, keputusan berada di tangan DPP PD.
Dari tujuh kabupaten atau kota yang menggelar Pilkada 2017, Kota Kendari yang paling banyak diusulkan oleh PD Sultra. Sedangkan enam daerah lainnya, PD Sultra hanya mengusulkan masing-masing dua nama. Meski begitu, Mura belum bersedia menyebutkan nama-nama untuk enam daerah itu.
“Biar Kota Kendari dulu yang disebutkan,” katanya.
Mura tidak bisa memastikan kapan rekomendasi Demokrat diturunkan oleh DPP. Namun, kata dia, minimal di awal Agustus, rekomendasi sudah diteken oleh SBY selaku Ketua Dewan Pembina PD. (pas/aha)

To Top