Debu Proyek Jalan Depan Kampus UHO Mulai Dikeluhkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Debu Proyek Jalan Depan Kampus UHO Mulai Dikeluhkan

KENDARI, BKK – Banyaknya debu yang beterbangan akibat pengerjaan pembuatan jalan dua jalur di Jalan HEA Mokodompit, depan kampus baru Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, kini mulai dikeluhkan warga sekitar.

Akibatnya, banyak warga sekitar yang menderita gangguan pernapasan seperti batuk-batuk dan flu yang merupakan gejala Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

“Banyak warga di sini yang mulai menderita batuk dan flu sejak ditumbangkannya pohon-pohon disekitar kampus serta banyaknya kendaraan berat yang keluar masuk,” terang Kusnadi salah satu warga di Jalan HEA Mokodompit, ditemui sedang melihat pengerjaan jalan, Kamis (28/7).

Sementara itu, salah satu pengamat sosial Kota Kendari, Khabirun Adakil SSos MSos mengatakan, hal seperti ini tidak dapat dibiarkan terus berlanjut, mesti ada solusi yang diberikan pemerintah sebagi penanggung jawab tertinggi dalam setiap kegiatan yang dilakukan.

“Mesti ada solusi untuk mengantisipasih persoalan seperti ini, baik itu membersihkan jalan dari tanah akibat tumpahan muatan mobil pengangkut tanah atau membagikan masker secara gratis kepada masyarakat sekitar termaksud pengendara yang melintas,” sarannya.

Menyikapai hal ini, Ketua Komisi I DPRD Kota Kendari, La Ode Ali Akbar dikonfirmasi melalui selulernya menuturkan, akan segera berkordinasi dengan pihak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari agar segera menyediakan masker untuk dibagikan kepada warga dan pengendara.

“Persoalan seperti ini memang tidak dapat dihindari, untuk itu saya akan kordinasikan segera dengan pihak Dinkes terkait pembagian masker secara gratis sebagai solusi awal,” pungkasnya. (m2/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top