Hmm..!! Baru Selesai Dikerja, Aspal Jalan Kabaena Sudah Rusak Parah – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Hmm..!! Baru Selesai Dikerja, Aspal Jalan Kabaena Sudah Rusak Parah

Inilah kondisi pengaspalan jalan Poros Pulau Kabaena. Baru sebulan kelar, namun sudah mulai tergerus, bahkan sejumlah titik sudah mulai rusak parah. (Foto: Ahmad Ridha/BKK).

RUMBIA, BKK – Baru sebulan kelar, proyek pengaspalan jalan poros Pulau-Kabaena Kabupaten Bombana sudah mulai rusak parah.

Proyek yang dikerja PT Bilajeng dengan total anggaran Rp 17 miliar tersebut kini terus dikeluhkan warga setempat.

Pantauan koran ini, jalan yang baru tuntas diaspal tersebut sudah mulai tergerus, bahkan sebahagian titik sudah mulai terbongkar setelah dilalui sejumlah kendaraan roda empat.

Kondisi ini terjadi diduga karena ada kesalahan dalam proses pengaspalannya. Bahkan warga setempat menyebut, jika ketebalan aspal tersebut ibarat kulit bawang.

“Kita heran ini aspal, kenapa waktu pengerasan dulu masih bagus dibanding setelah diaspal. Kalau juga tebal, bagus ji. Tapi ini seperti kulit bawang,” keluh warga setempat namun enggan menyebut jati dirinya saat dikonfirmasi kemarin.

Menurut dia, kerusakan ini harus menjadi perhatian pemerintah setempat, sebab hal ini dinilai telah merugikan pemerintah dan warga di pulau Kabaena.

Dikonfirmasi soal ini, Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Bombana, Abdul Rahmat Zainuddin Tahyas ST MT mengakui jika proses pengaspalan ini sudah mengalami kerusakan yang cukup parah.

Menurut Rahmat, dari total delapan kilo meter jalan yang sudah tuntas diaspal, terdapat sekitar 2 km yang sudah mengalami kerusakan.

“Ada kurang lebih dua kilo meter jalan yang baru tuntas diaspal tersebut yang sudah rusak, dan ini sudah kami tinjau pekan kemarin,” ungkapnya.

Dia menjelaskan, kerusakan tersebut terjadi akibat adanya kesalahan dalam proses pengaspalannya.

“Hasil pantauan kami menunjukkan jika terdapat kesalahan dalam proses pengaspalan ini. Akibat kerusakan ini pula, kami dari dinas terkait sudah melakukan teguran kepada pihak rekanan, bahkan sudah kami suruh bongkar,” ujar Rahmat.

Informasi yang dihimpun, akibat kerusakan ini pula, pihak staf ahli bupati bupati bidang pembangunan, Ir Abu Kahar sudah turun lapangan melihat kondisi pekerjaan tersebut.

Hanya saja, hingga kini mantan Kepala Dinas PU Bombana tersebut belum dapat dikonfirmasi terkait kerusakan pengaspalan jalan ini. (cr2/b/jie)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top