Dinkes Imbau Warga Waspada Penyakit Flu dan Diare – Berita Kota Kendari
Beranda

Dinkes Imbau Warga Waspada Penyakit Flu dan Diare

KENDARI, BKK – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari meminta kepada masyarakat untuk mewaspadai penyakit flu dan diare yang menyebra di musim penghujan saat ini.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Kendari, Nurlita Jaya, mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Kendari untuk selalu menjaga diri dari segala ancaman penyakit, baik penyakit menular maupun penyakit yang tidak menular terutama penyakit pada musim penghujan seperti flu dan diare.

Dikatakan, selain imbauan yang diberikan kepada masyarakat akan ancaman dua penyakit tersebut, pihaknya juga melakukan sosialisasi melalui seluruh pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada di Kota Kendari untuk terlibat didalamnya.

“Tujuannya adalah agar masyarakat bisa mengetahui dan menghindari penyebab munculnya penyakit tersebut,” terang Nurlita Jaya kepada Harian Berita Kota Kendari Rabu (27/7).

Selain itu, lanjut dia, langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi penyakit tersebut dengan mengaktifkan kader-kader yang ada. Misalnya, dengan menyiagakan mobil keliling yang bertujuan untuk melakukan pemantauan disemua rumah di Kota Kendari.

“Untuk itu kami mengimbau kepada masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat, dalam artian masyarakat harus cerdik yang tidak semata-mata melihat pada pola makan sehari-hari tetapi bagaimana mampu mensosialisasikan kepada keluarganya agar terhindar dari penyakit,” paparnya.

Dismaping itu, lanjut dia, jika ada masyarakat yang sedang terserang penyakit, maka hendaknya cepat melakukan pemeriksaan di Puskesmas terdekat. Dan jangan lagi ditunda-tunda untuk melakukan pemeriksaan terhadap penyakit yang dideritanya. (m3/c/jie)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top