Atasi Sampah Butuh Peran RT/RW – Berita Kota Kendari
Beranda

Atasi Sampah Butuh Peran RT/RW

Tin Farida

Tin Farida

KENDARI, BKK – Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKP) Kota Kendari, meminta kepada pihak Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang pembuangan sampah lingkungannya. Agar masyarakat tidak membuang sampah di lahan-lahan kosong sekitar lingkungannya.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kebersihan DKP Kota Kendari Tin Farida, kata dia, sebab apa bila masyarakat membuang sampah pada halaman kosong disekitarnya bisa saja tidak berdampak pada mereka, akan tetapi akan berdampak pada orang lain.

“Olehnya itu untuk mewujudkan Kota Kendari yang bebas dari ancaman sampah dibutuhkan peran RT juga RW untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pembuangan sampah, sehingga dengan adanya pemahaman itu akan memberikan perhatian lebih kepada masyarakat akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya,” ungkap Tin Farida kepada Harian Berita Kota Kendari (BKK) Rabu (27/7).

Dikatakan, apa lagi sekarang ini volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat khususnya masyarakat Kota Kendari sudah semakin bertambah, untuk itu peran masyarakat sangat dibutuhkan dalam mewujudkan Kota Kendari yang lebih bersih.

“Selain itu layanan yang kami berikan belum terlalu optimal, sebab masih ada dibeberapa wilayah tidak tersentuh oleh kami. Dan itu disebabkan karena jumlah unit mobil yang tersedia masih terbatas yakni sebanyak 38 unit, apa bila kesadaran ataupun perhatian masyarakat masih kurang terhadap sampah maka sampah akan terus mengurangi tingkat kenyamanan kita,” paparnya.

Untuk itu, harap dia, agar masyarakat bisa mengelola sampah dengan baik. Artinya jika memang sampah mesti dibuang, maka hendaknya buanglah pada tempatnya.   Namun jika ada sampah yang bisa dimanfaatkan sehingga menjadi sesuatu yang lebih menghasilkan maka hendaknya dimanfaatkan.

“Jadi kami meminta kepada masyarakat jangan menjauhkan sampah dilibgkungannya saja, tetapi harus dipikirkan juga secara keseluruhan. Jadi memang kita inginkan partisipasi masyarakat untuk bisa menjaga lingkungannya dari sampah dengan benar,” tutunya.

Jadi, aku dia, ketika musim penghujan sulit diprediksi lingkungan yang bebas sampah. Sebab biasanya pasca hujan banyak sampah-sampah yang berserakah didraenase. (m3/c/jie)

Click to comment
To Top