Tidak Diketahui Pemda Kolut – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Tidak Diketahui Pemda Kolut

LASUSUA, BKK – Mega proyek pembangunan pelabuhan penyebrangan Sapoiha Desa Sapoiha Kecamatan Watunohu Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) belum memiliki analisi mengenai dampak lingkungan (Amdal).

Pembangunan pelabuhan yang menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negera (APBN) sebesar Rp 50 miliar tersebut, akan menguhubungan Kolut-Siwa Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ini juga tidak mengantongi izin rekomendasi Pemerintah Daerah (Pemda) Kolut.

Kepala Wilayah Satuan Kerja Pelabuhan Katoi (Kawikel) H Ilham Husein Jamil SSos mengatakan, dirinya sebagai pelaksana kebijakan perhubungan di kabupaten tidak mengetahuai perihal pembagunan pelabuhan Sapoiha.

“Sebagai orang kementerian perhubungan, saya tidak tahu menahu perihal pembagunan pelabuhan Sapoiha. Nanti kami ketahui setelah sudah dimulai pekerjaan pemancangan,” tangkis Ilham, Senin (25/7).

Disebutkan, pembagunan pelabuhan Sapoiha pernah ditanyakan kepada bupati. Namun, bupati tidak mengetahuai perihal pihak yang memberikan rekomendasi untuk pembagunan pelabuhan tersebut.

Selain itu, tambah Ilham, pihaknya pernah menegur pihak kontraktor pembagunan pelabuhan Sapoiha, karena melakukan pemancangan di air yang kering, namun pihak kontraktor berkilah bahwa pemancangan ini sudah sesuai dengan gambar.

“Saya ini sudah lebih dari 20 berada di pelabuhan, termasuk saat pelabuhan Sapoiha masih beroperasi, belum pernah melihat pemancangan di lakukan di air yang dangkal atau air kering. Apalagi pemancanagn itu berada di muara sungai,” tandasnya.

Ilham mengungkapkan pembagunan pelabuhan Sapoiha tidak akan mampu bertahan lama, karena setiap tahunnya akan terjadi pendangkalan meskipun dilakukan pengerukan. Menurut dia, mestinya pemancangan dilakukan pada area yang dalam dan tidak kering serta mengikuti pancang pelabuhan pertama.

“Seharusnya dana sebesar itu digunakan untuk pekembangan pelabuhan Katoi, agar semakin baik dan berkualitas sarana dan prasaranya,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ilham menambahkan, pembagunan pelabuhan Sapoiha sama sekali tidak mengantogi Amdal, sehingga pembagunanya terkesan asal-asalan dan tidak mempedulikan asas manfaat dari anggaran tersebut. (k6/c/kas)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top