Pekan Depan, Aswad Sulaiman Duduk di Kursi Pesakitan – Berita Kota Kendari
Kasuistika

Pekan Depan, Aswad Sulaiman Duduk di Kursi Pesakitan

Aswad Sulaiman

KENDARI, BKK – Pekan depan, mantan Bupati Konawe Utara (Konut) Aswad Sulaiman dipastikan sudah duduk di kursi pesakitan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Kendari.

Itu menyusul, pihak Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Tenggara (Sultra) telah merampungkan berkas dakwaan mantan orang nomor satu di Konut tersebut.

Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sulawesi Tenggara (Sultra) Sugeng Djoko Susilo SH MH mengatakan, setelah berkas Aswad lengakap, pihaknya akan melimpahkan tersangka dan barang buktinya atau tahap II ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Konawe. Karena, kasus dugaan korupsi pembangunan Kantor Bupati Konut tahap II dan III 2010 sampai 2011 itu terjadi di wilayah hukum Kejari Konawe.

“Pemberkasan dan dakwaannya telah selesai. Tersangka serta barang bukti akan kami limpahkan ke Kejari Konawe yang menjadi lokus (lokasi kasus) perkara ini. Pekan depan dipastikan sudah masuk pengadilan,” terang Sugeng saat dietemui, Senin (25/7).

Mengenai penahan Aswad, Sugeng enggan berkomentar banyak. Pasalnya, alas dia, itu bukan lagi kewenangan pihak Kejati Sultra.

“Setelah pelimpahan tahap II ke Kejari Konawe, itu bukan lagi kewenangan kami, tetapi kewenangan Kejari Konawe maupun Pengadilan Tipikor Kendari untuk melakukan penahanan,” jelasnya.

Senada kajati, Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Sultra Raymel Jesaja mengungkapkan, berkas tersangka Aswad segera menuju persidangan.

“Tunggu saja ya dek, dalam waktu dekat ini akan segera kami limpahkan. Berkasnya sudah selesai kok,” pungkas Raymel.

Diketahui, Aswad ditetapkan sebagai tersangka sejak tanggal 24 Februari 2016. Aswad disebut telah mengembalikan uang kerugian negara senilai Rp 2,3 miliar. (p5/c/kas)

Click to comment
To Top