Lakukan Deklarasi, Rajiun Dinilai Serius Maju Pilkada – Berita Kota Kendari
Suksesi

Lakukan Deklarasi, Rajiun Dinilai Serius Maju Pilkada

LM Rajiun Tumanda

KENDARI, BKK –  Beberapa pengamat Universitas Halu Oleo (UHO) menilai, deklarasi yang dilakukan Penjabat (Pj) Muna Barat (Mubar) LM Rajiun, Minggu (24/7), sebagai bentuk keseriusannya maju di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2017.

Pandangan ini, datang dari pengamat politik UHO Dr Bachtiar. Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UHO ini menilai, Rajiun sudah serius bertarung di Pilkada 2017.

“Keseriusan Rajiun telah dibuktikan melalui media dan juga di hadapan masyarakat Mubar,” nilai Bachtiar di ruangan kerjanya, Senin (25/7).

Bachtiar melanjutkan, selain menyampaikan langsung ke masyarakat, deklarasi kemarin merupakan bentuk komunikasi politik terhadap beberapa pimpinan partai politik (parpol) yang hadir.

“Adanya informasi bahwa Rajiun telah didukung oleh tujuh partai, itu belum bisa dikatakan mendukung. Karena, ini masih sebatas deklarasi dan bentuk komunikasi politik antara calon dan partai politik,” katanya.

Ia mengungkapkan, untuk mendapatkan pintu partai, harus melewati komunikasi politik terlebih dulu. Salah satu bentuk komunikasinya ke parpol, Rajiun mendatangkan ribuan masyarakat yang dianggap bisa menjadi pendukungnya pada hari H Pilkada 2017 nanti.

“Terkait dengan adanya pendukung fanatik dan tidak ada pendukung fanatik, tidak bisa dipastikan. Karena, endingnya nanti di pemilihan,” tekannya.

Sementara itu, pengamat lainnya, Dr Eka Suaib menyebut, Rajiun mampu memanfaatkan momentum dengan menggelar deklarasi lebih awal. Menurut dia, ada nilai plus tersendiri bagi Rajiun karena dalam logika politik, dia adalah salah seorang bakal calon Bupati Mubar yang cukup siap.

“Deklarasi yang dilakukan oleh Rajiun ini menjadi peringatan bagi calon lain. Karena, dalam logika politik itu, satu dua bulan itu bukan waktu yang lama. Dia harus menyampaikan berbagai hal,” jelasnya.

Berkait peluang menang atau tidak, Eka menganggap, Rajiun telah membangun rekam jejak selama menjadi Pj Bupati Mubar.

“Ketika kinerjanya menunjukan hal baik, maka bisa menjadi nilai posisitf di mata masyarakat. Begitu pun sebaliknya,” ungkap Ketua Program Studi (Prodi) Ilmu Pemerintahan FISIP UHO ini.

Banyaknya masyarakat yang hadir pada saat deklarasi kemarin, menunjukan bahwa Rajiun memiliki basis massa yang kuat. Namun demikian, realitas politik selama ini, tidak semua Pj bupati bisa memenangkan pertarungan.

“Contohnya, Konawe Kepulauan (Konkep). Tetapi, yang menjadi penilaian saya bahwa Rajiun saat melakukan deklarasi kemarin telah siap untuk maju menjadi bakal calon Bupati Mubar,”  tutupnya. (p7/c/pas)

To Top