Nasional

Inspirasi Siswa, Luhut Undang Mentan

MEDAN, BKK – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Luhut Binsar Panjaitan menghadiri pengukuhan dan wisuda siswa di kampung halamannya di Sumatera Utara. Luhut datang secara khusus untuk memberi inspirasi dan motivasi kepada siswa SMA Unggul Del di Desa Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, Sumut, Sabtu (23/7) akhir pekan lalu.

Saat menghadiri acara tersebut, Luhut mengundang khusus Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Mentan turut memberikan pencerahan kepada siswa yang akan melanjutkan studi mereka ke perguruan tinggi.

“Dari kisah hidup beliau (Menteri Pertanian, red), kita belajar bahwa tak peduli dari mana saja kita berasal. Dari kampung dengan rumah beralaskan tanah sekalipun, kita tetap bisa membangun negeri ini,” tutur Luhut. “Syaratnya, kita harus punya hati yang baik, intelektual yang bagus, kemauan untuk bekerja keras dan disiplin,” tambah jenderal purnawirawan alumni Akademi Militer 1970 ini.

Luhut menekankan kepada seluruh siswa, tidak perlu merasa malu kalau berasal dari keluarga kurang mampu. Justru orang harus malu kalau mencuri, tidak disiplin, tidak mau bekerja keras, atau tidak jujur. “Selain dari itu, untuk apa kita malu?” katanya.

Mantan Kepala Staf Kepresidenan itu mengingatkan jika sudah saatnya siswa menikah nanti, dia menyarankan untuk memilih istri yang paten juga seperti pilihan dia. “Saya tidak bisa berada pada posisi sekarang tanpa istri yang selalu mendukung, mengingatkan, dan bahkan menegur saya,” ujarnya.

 

Menurut Luhut, peran istri itu penting. Makanya, kata dia, carilah istri yang baik yang bisa mendukung kinerja.

 

“Tapi kau masih muda, maka saya beri tahu kau supaya jangan cepat cinta-cintaan,” ucap Luhut sambil tertawa.

Luhut yang pernah menerima penghargaan Adimakayasa meminta kepada siswa fokus belajar dan bekerja karena dalam waktu 10 tahun ke depan, Indonesia akan masuk ke zaman keemasan.

Menkopolhukam Luhut Panjaitan (kiri) berbincang-bincang dengan Mentan Andi Amran Sulaiman  di Lagu Boti Toba Samosir, Senin (25/7)

Menkopolhukam Luhut Panjaitan (kiri) berbincang-bincang dengan Mentan Andi Amran Sulaiman di Lagu Boti Toba Samosir, Senin (25/7)

To Top