Adipura Dongkrak Peningkatan Kinerja Dinas Kebersihan – Berita Kota Kendari
Beranda

Adipura Dongkrak Peningkatan Kinerja Dinas Kebersihan

KENDARI, BKK – Keberhasilan Kota Kendari meraih gelar Adipura ikut berdampak positif bagi peningkatan kinerja di Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKP) Kota Kendari.

Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman Kota Kendari Tin Farida mengaku, kebehasilan Wali Kota Kendari dalam mencapai Adipura memberikan manfaat penting bagi satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) yang dipimpinnya.

“Dengan capaian Adipura ini, kami selalu berupaya untuk selalu meningkatkan kinerja, yang disesuaikan dengan indikator yang menjadi penilaian dalam Adipura. Selain itu, Adipura menjadi tolok ukur dalam menjalankan peran dan fungsi,” terang Tin Farida ditemui di ruang kerjanya, Senin (25/7).

Dia mencontohkan, tolok ukur pencapaian Adipura adalah drainase harus bebas sampah, sendimen, dan bebas bulma atau rumput. Tiga indikator inilah yang menjadi pegangannya dalam bekerja.

“Jadi, bagi kami Adipura dijadikan untuk mengetahui sejauh mana kinerja yang sudah dicapai selama ini, yang bisa dilihat indikator capaian Adipura,” ungkap Tin Farida.

Meski Kota Kendari sudah berhasil meraih piagam Adipura, Tin mengaku, dalam menjalankan peran dan fungsinya di lapangan masih mendapatkan hambatan. Namun, semua hambatan sudah diusulkan kepada Wali Kota Kendari.

“Pak wali terus memberikan solusi kepada kami guna menciptakan Kota Kendari yang hijau dan bersih,” katanya.

Ia menyebut, masyarakat masih kurang terlibat dan disiplin terhadap pengelolaan kebersihan lingkungan. Hal inilah, ungkap Tin, menjadi salah kendala terbesar pihak Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman kota Kendari dalam menciptakan suasana Kendari yang bersih.

“Semua usulan yang kami layangkan ke wali kota, harus disesuaikan dengan kemampuan keuangan yang dimiliki daerah,” tuturnya. (m3/c/pas)

 

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top