Lingkar Sultra

Kota Baubau Raih Piala Adipura Beruntun

Walikota Baubau AS Tamrin mengangkat Piala Adipura Buana saat tiba di Bandara Betoambari (Foto:ADNAN/BKK)

BAUBAU, BKK – Kota Baubau kembali berhasil meraih Piala Adipura Buana untuk kategori kota sedang. Piala tersebut diserahkan langsung Wapres RI Jusuf Kalla kepada Wali Kota Baubau AS Tamrin, Jumat (22/7) di Kabupaten Siak Provinsi Riau.

Seperti tahun sebelumnya, piala yang didapat atas penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan itu juga diarak keliling Kota Baubau.

Pantauan jurnalis koran ini, arak-arakan itu dimulai dari Bandara Betoambari dan berakhir di depan kantor wali kota, Sabtu (23/7) sore. Terlihat, setelah keluar dari pesawat, Wali Kota AS Tamrin langsung sujud syukur. Piala Adipura didapat berkat kerjasama semua pihak, baik eksekutif, legislatif, yudikatif, dan seluruh komponen masyarakat Kota Baubau.

Wali Kota Baubau AS Tamrin mengatakan, Piala Adipura Buana 2016 tidak didapatkan dengan mudah, karena harus melalui seleksi ketat tim penilai adipura dari Kementerian Lingkungan Hidup RI.

Hasil evaluasi dan monitoring direktorat jenderal pengelolaan sampah dan kebersihan lingkungan terhadap kondisi lingkungan dan alam di Kota Baubau juga menjadi kriteria tersendiri.

“Terima kasih kepada pekerja di dinas kebersihan dan seluruh masyarakat Kota Baubau yang tidak lelah untuk menjaga kebersihan di lingkungan,” ucap orang nomor satu di Kota Baubau ini.

Di tempat yang sama, Sekretaris Kota (Sekat) Baubau Muhammad Djudul menambahkan, dua Piala Adipura yang telah diraih merupakan buah perpaduan kerjasama antara pemeritah, muspida, dan seluruh elemen masyarakat. Dia berharap Kota Baubau tetap konsisten menjaga kebersihan kota dan dapat menjadi budaya semua lapisan masyarakat.

“Saya yakin jika kita tetap konsisten dengan hasil ini, Insya Allah berikutnya kita dapat (adipura) paripurna,” tandasnya.

Sementara, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Baubau La Ode Yasin berharap, piala adipura kedua ini menjadikan penyemangat seluruh elemen masyarakat Kota Baubau untuk mengedepankan budaya hidup bersih.

“Kita semua harus bahu membahu bersatu menjadikan Baubau ini lebih baik kedepannya,” ujra Yasin. (k2/c/kas)

To Top