FMIPA UHO Wajib Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian – Berita Kota Kendari
Beranda

FMIPA UHO Wajib Libatkan Mahasiswa dalam Penelitian

 

 KENDARI, BKK- Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Halu Oleo (UHO) mewajibkan dalam pelaksanaan penelitian melibatkan mahasiswa sebagai mitra kerja.

Wakil Dekan I FMIPA UHO Dr Analuddin SSi MSi MSc mengungkapkan bahwa setaip penelitian yang dilakukan di FMIPA UHO itu tetap melibatkan mahasiswa.

Ia menyebut, pemegang peran aktif mulai dari perancangan, pemikiran dan pengusulan sampai pada penilitian adalah dosen. Tetapi, pada tahapan pelengkap, mahasiswa harus dilibatkan. Hal ini, bisa menjadi dasar pengetahuan tambahan untuk melakukan penelitian sendiri.

“Penelitian keanekanragaman hayati itu banyak dilakukan oleh Jurusan Biologi. Mereka, banyak melakukan penelitian mengenai biota-biota di dalam hutan dan mahasiswa ikut diterjunkan langsung. Ini bisa sebagai dasar bagi mahasiswa untuk bahan penelitian nanti,” katanya, Jumat (22/7).

Ia menyebut, pendekatan dalam penelitian yang dilakukan bervariasi. Misalnya, penelitian mengenai karbon biru di hutan mangrove itu kerja sama dengan perguruan tinggi Jepang yakni Tokyo Institute Of Technolgy yang sudah berjalan selama tiga tahun.

“Untuk memperluas kerja sama dan penelitian yang lebih jauh, FMIPA UHO kerja sama dengan Hawai University yang ini penelitiannya sama yaitu tentang karbon biru yang ada di pantai dalam hal ini hutan manggrove,” paparnya.

Selama 2014, penelitian ini telah meluluskan setidaknya delapan mahasiswa setiap tahunnya.

“Selama kerja sama 3 tahun terakhir ini, sudah hampir 20 orang mahasiswa. Wisuda Agustus ini, yang siap diluluskan dari penelitian kerja sama ini ada 4 orang lagi,” sebutnya.

Dengan prestasi ini, membuktikan bahwa yang lulus betul-betul dilibatkan dalam penelitian yang biayanya ditanggung pemerintah.

“Mahasiswa di dalam kerja sama ini, posisinya membantu. Tetapi, karena adanya tanggung jawabnya untuk selesai yakni skripnya maka dia memiliki peran ganda yaitu membantu dan mendapatkan data untuk skripsinya,” tuturnya. (p7/c/pas)

Click to comment
To Top