Aktualita

BLH Butur Bentuk Saka Pramuka Kalpataru

DARSO/BERITA KOTA KENDARI LIBATKAN PRAMUKA. BLH bersama pengurus Pramuka di Buton Utara membahas isu lingkungan dan solusi penanganannya.

DARSO/BERITA KOTA KENDARI LIBATKAN PRAMUKA. BLH bersama pengurus Pramuka di Buton Utara membahas isu lingkungan dan solusi penanganannya.

BURANGA, BKK- Tingkatkan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Buton Utara (Butur) menggandeng Kwarcab Pramuka setempat membentuk Saka Pramuka Kalpataru.
Terbentuknya Saka Pramuka Kalpataru ini setelah dilakukan musyawarah bersama antara pihak BLH dan beberapa pengurus Kwarcab Pramuka Butur, Sabtu (23/7) di kantor BLH Butur. “Pembentukan Saka Pramuka Kalpataru ini merupakan bentuk kepedulian BLH dan pengurus Pramuka dalam peningkatan kesadaran masyarakat atas lingkungan,” kata Kepala BLH Butur Yusus di Ereke.
Dalam musyawarah itu, sambung dia, terbentuk tiga bidang isu lingkungan. Yakni bidang yang bergerak dalam hal advokasi keanekaragaman hayati, pemanasan global dan penanganan sampah dan limbah.
“Ini penting dilakukan sebagai bagian dari pelibatan masyarakat untuk peduli lingkungan,” pungkasnya.
Selain itu, program ini sekaligus menjadi bentuk kemitraan dengan masyarakat, khususnya generasi muda dalam hal ini anggota pramuka. Dalam waktu dekat ini, pihaknya mempunyai program aksi bersih-bersih pantai yang nantinya melibatkan dasawisma. Mereka juga akan mengajarkan masyarakat tentang pengelolaan sampah rumah tangga.
Nantinya, direncanakan pengenalan kepada masyarakat tentang satwa dan tumbuhan endemik yang dilindungi oleh undang-undang. Bukan hanya itu, penanaman pohon pada halaman kantor-kantor pemerintah serta rumah warga, juga ikut menjadi program kerja.
“Fokusnya aksi di lapangan dengan melibatkan pihak kita sendiri dan adik-adik pramuka dalam menyukseskan program-progam yang telah dicanangkan itu. Mudahan-mudahan ada manfaatnya. Semoga menjadi pionirgerakan sadar lingkungaan di Buton Utara. Dan dapat mengambiI bagian dan menjadi solusi cerdas bagi isu global warming, isu ancaman kepunahan spesies, dan isu sampah atau limbah yang semakin tak terkendali,” harap Yusus yang juga menjabat di Saka Kalpataru itu sebagai  Majelis Pertimbangan Saka.
Pada musyawarah yang telah dilakukan itu, Yusus membeberkan yang terpilih sebagai Ketua Saka Kalpataru Pramuka yaitu kabid Anpedal BLH Butur, Jamsi. (k5/c/aha)

To Top