Kendari, Muna dan Butur Masuk Asrama Haji – Berita Kota Kendari
Headline

Kendari, Muna dan Butur Masuk Asrama Haji

ok grafis hajiKENDARI, BKK– Persiapan keberangkatan Jamaah Calon Haji di Sulawesi Tenggara kian dekat. Secara keseluruhan, jumlah calon haji yang akan berangkat ke tanah suci berjumlah 1.135 orang ditambah 15 orang pendamping. Mereka terbagi dalam tiga kloter keberangkatan.

Untuk kloter pertama, ada tujuh daerah yakni Kendari, Bombana, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe, Muna dan Buton Utara. Namun JCH dari Kendari, Muna dan Butur akan ditampung di Asrama Haji Kendari sebelum diberangkatkan ke Makassar.
Sedangkan empat daerah lainnya langsung berangkat ke Asrama Haji Sudiang yang merupakan pusat embarkasi untuk wilayah Timur Indonesia. Perjalanan langsung juga diberlakukan bagi CJH dari kloter kedua, yakni Kolaka, Kolaka Utara dan Wakatobi. Mereka akan ke Makassar melalui pesawat dari Kolaka – Makassar maupun Wakatobi – Makassar.
Sementara CJH dari Buton dan Bau-Bau yang tergabung dalam kloter ketiga, diberangkatkan ke Makassar melalui jalur laut, kapal Pelni. Adapun kloter pertama akan terbang menuju tanah suci pada 13 Agustus mendatang.
Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umroh, Kementerian Agama Sultra, Dra Hj Wa Masi mengungkapkan, biaya yang mahal menjadi alasan mengapa tidak seluruh CJH dari Sultra diberangkat di Kendari. Selain itu, Asrama Haji Kendari memang belum berstatus sebagai tempat embarkasi.
Dia menjelaskan, penomoran kloter 1, 2 dan 3 hanya berlaku di wilayah Sultra. Secara nasional, tiga kloter ini tergabung dalam kloter wilayah Indonesia Timur dengan nama kloter 19, 20 dan 21.
Dalam pemberangkatan ini, Kemenag menyiapkan 15 pendamping. Jadi total warga Kendari yang akan ke tanah suci sebanyak 1.147 orang.
Pengurusan paspor juga berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Tahun sebelumnya, pengurusan paspor diselesaikan sendiri-sendiri. Namun kali ini, pengurusan paspor dilakukan hingga cukup jumlah satu kloter, di mana satu kloter berjumlah 455 orang. (p7/b/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top