Anggaran Pilgub Sultra Naik 300 Persen – Berita Kota Kendari
Headline

Anggaran Pilgub Sultra Naik 300 Persen

KENDARI, BKK – Kebutuhan pelaksanaan Pemilihan Gubernur 2018 naik drastis dibandingkan dengan perhelatan Pilgub 2012. Jumlah anggaran Pilgub 2018 diperkirakan naik sekitar 300 persen.
Pada Pilgub 2012 lalu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra hanya menggelontorkan anggaran sekitar Rp 82 miliar. Di Pilgub 2018 nanti, jumlah anggarannya naik 300 persen, kurang lebih Rp 400 miliar.
Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Hj Isma mengakui ada peningkatan signifikan anggaran Pilgub dibandingkan lima tahun lalu. Hal itu terlihat dari rencana anggaran yang diajukan KPU Sultra ke Pemprov Sultra.
“Saya belum buka, tapi hanya lihat atasnya (Rp 400 miliar),” ungkap Isma.
Jika berbicara soal besar kecilnya, nilai Rp 400 miliar itu jelas sangat besar. Namun dia menganggap itu bukan dalam konteks akan menjadi beban daerah. Sebab bagaimana pun, Pemprov Sultra yang memang bertanggungjawab untuk mengadakan anggarannya.
“Kalau dibilang besar, Rp 400 miliar itu jelas besar lah. Tapi itu harus dijalankan karena itu wajib,” jelasnya.
Ia mengaku, anggaran Pilgub Sultra baru bisa dialokasikan berdasarkan tahapannya. Bila tahapan dimulai 2017, maka Pemprov Sultra akan mengalokasikannya dalam APBD 2017.
“Penganggaran kan itu harus idealnya dimasukkan dalam APBD induk. Perubahan kita tidak ada penerimaan apa-apa. Itu ranahnya hanya menyesuaikan. Kita pastikan, dianggarkan 2017 dan 2018,” tekannya.
Selanjutnya, Pemprov Sultra dan KPU Provinsi Sultra akan duduk bersama untuk membahas anggaran tersebut. Bisa saja, kata Isma, usulan itu akan dikurangi.
“Kemungkinan berkurang, namanya juga rancangan. Kita belum bahas APBD 2017. Sekarang, kita fokus dulu APBD Perubahan 2016,” tuturnya. (pas/aha)

To Top