Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Dua Karateka Mubar Wakili Sultra – Berita Kota Kendari
Arena

Olimpiade Olahraga Siswa Nasional, Dua Karateka Mubar Wakili Sultra

KENDARI, BKK – Dua karateka asal Muna Barat (Mubar) terpilih mewakili Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Karate.

Pelatih Karate Mubar La Ode Harlan Sadia mengatakan menyebut
dua karateka Mubar itu adalah Muhammad Miftahul Munir Saleh dan Sitti Hardianti. Saleh sebelumnya juara di kelas mines 61 kilogram putra. Sementara Sitti Hardianti berprestasi di kelas mines 53 kilogram putri.
Saleh merupakan siswa SMA 1 Tiworo Kepulauan (Tikep) dan Hardianti adalah siswi SMA 1 Lawa.
“Dari enam kelas yang disiapkan, Mubar menjadi juara umum dalam O2SN tingkat Provinsi Sultra dengan dua medali emas. Mereka kita percaya untuk mewakili Sultra ke tingkat nasional,” kata Harlan, Senin (18/7).
Prestasi ini cukup membanggakan bagi Mubar sebagai kabupaten baru. Apalagi sudah delapan tahun Mubar yang saat itu masih bergabung dengan Muna, puasa gelar.
“Puasa gelar delapan tahun telah terbayarkan dengan lolosnya karateka kita,” ungkapnya bangga.
Baik Hardianti maupun Saleh sudah berjuang keras untuk sampai ke prestasinya sekarang ini. Hardianti main sebanyak tiga kali dengan menyisihkan lawan pertamanya perwakilan Kabupaten Bombana. Pada pertandingan kedua, korbannya adalah Kota Baubau.
“Di final Hardianti cukup sengit melawan Kolaka. Tapi alhamdulillah dia menang dengan skor 7-5,” paparnya.
Sama halnya dengan Saleh. Dia bertanding sebanyak empat kali. Di pertandingan pertama, Saleh harus berhadapan dengan perwakilan Kolaka Utara (Kolut) yang punya pengalaman di kancah nasional. Namun berkat taktik dan strategi, Saleh mampu menang dengan skor 8-4.
Di pertandingan kedua, Saleh menumbangkan jagoan Buton dengan skor 10-2. Pada pertandingan ketiga, Saleh tampil apik dengan tidak memberikan satu poin pun kepada perwakilan Konawe Kepulauan (Konkep). Saleh menang dengan skor 8-0.
Di final, pertandingan sempat terhenti di saat Saleh unggul 5-4 atas karateka Kota Kendari. Hal ini disebabkan, tanda 10 detik terakhir tidak disebut oleh panitia.
“Saya sempat protes dan protes saya diterima. Maka 10 detik terakhir diulang. Di sini, Saleh kembali mendapatkan satu poin dan akhirnya menang 6-4 atas Kota Kendari,” paparnya.
Menurut Harlan, prestasi yang diraih dua karateka muda ini tidak lepas dari dukungan dari Pemkab Mubar. Saat ini, Pemkab Mubar memfasilitasi proses trainning center (TC) dua atlet karateka yang akan berangkat ke Jakarta.
“Walaupun tanpa biaya dari provinsi, mereka TC di Kecamatan Lawa di bawah asuhan saya sendiri,” ungkapnya.
Di empat kelas lainnya, empat kabupaten atau kota saling berbagi. Kelas kata atau seni putra, diraih Kolut yang saat itu mengalahkan Kabupaten Muna di final. Kata putri, diraih oleh Kota Baubau usai final dengan Kota Kendari.
Di kumite kelas plus 61 kilogram putra, diraih oleh Kota Kendari dan di kumite kelas plus 53 kilogram putri diraih oleh Konkep. (pas/aha)

To Top