Dishub Sultra Didesak Ganti Damri Tujuan Kendari-Butur – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dishub Sultra Didesak Ganti Damri Tujuan Kendari-Butur

M. Sairman Sahadia. (FOTO: DARSO/BKK)

M. Sairman Sahadia. (FOTO: DARSO/BKK)

BURANGA – Lumbung Informasi Rakyat (LIRa) Buton Utara (Butur) mendesak Pemerintah Provinsi  Sulawesi Tenggara (Sultra) dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk meninjauh kembali kondisi bus Damri yang melayani trayek Kendari-Butur.
Hal itu menyusul banyaknya keluhan dari masyarakat pengguna transportasi tersebut atas ketidaknyamanan mereka.  Damri itu sering mogok di tengah jalan dan juga jikalau hujan air bisa masuk di dalam mobil.
“Banyak yang keluhkan itu Damri, karena sering mogok. Itu tidak lain karena Damri yang melayani trayek tersebut adalah Damri lama yang mungkin usianya sudah tua sehingga sudah kurang memungkinkan lagi untuk digunakan untuk melayani trayek Butur-Kendari,” terang Sekretaris Daerah (Sekda) LIRa Butur, M. Sairman Sahadia ketika ditemui di Ereke, Senin (18/7).
Atas kondisi tersebut, Sairman pun berharap agar untuk penempatan Damri trayek Kendari-Butur dimaksud sudah harus diganti dengan Damri baru. “Tidak boleh lagi tetap dipertahankan itu Damri karena memang kondisinya sudah kurang layak. Harus diganti yang baru karena ini soal kenyamanan dan keselamatan penumpang,” tegasnya.
Alasan lain hingga diharuskannya ada pergantian secepatnya Damri tersebut, terang dia  diakibatkan kondisi jalannya jalur Labuan-Ereke yang sebagian rusak serta berbukit dengan dikelilingi jurang.
“Sudah jalannya rusak ditambah Damrinya yang sering rusak bagaimana kita mau nyaman naik Damri. Jalur di Butur itu jangan disamakan dengan jalur yang lain loh. Kalau yang lain itu jalurnya aspal jadi biar yang lama mungkin tidak apa-apa. Tapi kalau Butur harusnya jangan ditempatkan Damri lama karena kondisi medannya memang berbahaya,”cetusnya.
Salah seorang penumpang yang sering menggunkan Damri Ereke-Kendari, Udin mengakui kalau kondisi Damri itu sudah tidak nyaman. “Itu hari saya naik dari Ereke sini, kita didapat hujan, eh malah air masuk di dalam mobil. Makanya kami minta kepada pihak terkait untuk mengganti transportasi Damri ini dengan yang baru,” pintanya. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top