Terlambat Dua Kali, SMA Kartika Kendari Sanksi Siswa Rp 4 Ribu – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Terlambat Dua Kali, SMA Kartika Kendari Sanksi Siswa Rp 4 Ribu

SMA Kartika Kendari (Rahmad, BKK)

KENDARI, BKK – Sebagai salah satu sekolah swasta unggulan, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kartika Kendari terus berkomitmen untuk meningkatkan disiplin guru dan siswanya. Bagi siswa yang terlambat masuk sekolah dua kali berturut-turut, akan dikenakan sanksi denda Rp 4.000 perharinya.
Kepala Sekolah SMK Kartika La Ode Suayib SPd mengungkapkan, langkah ini untuk kemajuan sekolah dengan siswa yang teratur dan bisa bersaing dengan sekolah lainnya baik negeri maupun swasta.
“Setia sekolah itu harus punya brand tersendiri dan melakukan peningkatan agar SMK Kartika memiliki keunggulan tersendiri,” ungkapnya, Sabtu (16/7).
Suayib mengaku, berbicara akademik, sekolahnya masih di bawah sekolah negeri lainnya. Namun, ia tidak berkecil hati karena SMK Kartika telah menunjukan berbagai prestasi di bidang akademik maupun kedisiplinan.
“Perlu juga saya tegaskan bahwa para peserta didik yang tidak lulus di sekolah negeri pasti yang dituju adalah sekolah swasta dan itu salah satunya SMK Sartika,” katanya.
Menurut dia, dalam meningkatkan disiplin di sekolah, banyak komponen yang dilakukan. Yakni, wali kelas harus disiplin agar menjadi panutan dan harus bertugas setiap hari.
“Sebelum para siswa masuk, dia harus di ruangan yaitu pukul 07.00 pagi,” jelasnya.
Selanjutnya, memberikan peran aktif kepada siswa pengurus organisasi siswa intra sekolah (OSIS) untuk menjaga gerbang masuk setiap pagi. Mereka ditugaskan untuk mengontrol siswa yang datang terlambat.
“Ketika jam pertama telah lewat maka akan diberikan sanksi. Mereka yang terlambat akan ditulis pada buku kontrol oleh pengurus OSIS yang sedang melakukan piket tersebut,” jelasnya.
Bagi yang terlambat sebanyak dua kali berturut-turut akan didenda sebanyak Rp 4.000 per hari.
“Uang tersebut akan dikelola oleh OSIS untuk kegiatan siswa dan juga menjadi kas OSIS itu sendiri,” tuturnya. (p7/c/pas)

To Top